Motivasi Intrinsik

Menurut Herzberg,

Motivasi yang sesungguhnya tertanam dalam diri sendiri dan dikenal dengan sebutan motivasi intrinsik. Ia membagi faktor pendorong manusia untuk melakukan kerja ke dalam dua faktor yaitu,

1.faktor hygiene : Faktor hygiene merupakan faktor yang menyebabkan ketidakpuasan. faktor ini dapat mencegah timbulnya motivasi, yang menjadi penyebab diantaranya adalah gaji, status, keamanan kerja, kondisi kerja, kebijaksanaan organisasi, hubungan dengan rekan kerja, dan supervisi. Ketika sebuah organisasi menargetkan kinerja yang lebih tinggi, tentunya organisasi tersebut perlu memastikan terlebih dahulu bahwa faktor hygiene tidak menjadi penghalang dalam upaya menghadirkan motivasi ekstrinsik.

2.faktor motivator : Faktor motivator keadaan yang menimbulkan rasa puas sebagai manusia. yang meliputi Pencapaian Sukses (Achievement), Pengakuan (Recognition), Kemungkinan Untuk Meningkat Dalam Karier (Advancement), Tanggungjawab (Responsibility), Kemungkinan Berkembang (Growth Possibilities), Dan Pekerjaan Itu Sendiri (The Work It self). Hal-hal ini sangat diperlukan dalam meningkatkan performa kerja dan menggerakkan pegawai hingga mencapai performa yang tertinggi.

writer
By August 24, 2014 12:17

Silahkan beri komentar anda

'); });
Loading Facebook Comments ...
'); });
Write a comment

No Comments

Belum ada komentar, kami akan lebih senang jika anda berkomentar!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*