Cirebonmedia.com Musim penghujan telah tiba Hampir semua wilayah di Indonesia telah mengalami musim penghujan. Tak terkecuali kota cirebon yang dalam beberapa hari tak pernah absen turun hujan. Musim yang telah lama ditunggu oleh beberaa masyarakat seperti petani untuk memulai masa penanaman padi . Namun, hujan  menjadi sebuah ‘hambatan’ untuk beraktifitas terlebih lagi bagi sebagian orang yang rutinintasnya lebih banyak menggunakan sepeda motor.

Sering di jumpai setelah hujan jalanan akan menjadi sangat licin ketika hujan turun. Hal tersebut disebabkan oleh minyak, air, dan tanah serta bahan-bahan aspal yang bercampur menjadi satu sehingga membuat pengendara motor menjadi sulit mengemudi. mengebut dalam berkendara sekalipun pada saat musim kemarau dan terlebih lagi pada saat musim penghujan sangat tidak di anjurkan. Genangan air hujan biasanya akan menutupi jalanan yang berlubang. Apabila anda mengendarai motor dengan kecepatan tinggi hal tersebut selain menggangu

Kemudian selalu cek tekanan ban kendaraan.Mengecek kendaraan bermotor sebelum berkendara merupakan suatu kewajiban. Dengan melakukan pengecekan maka secara tidak langsung anda membantu meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Cek ban motor anda. Apabila dirasa permukaan ban motor telah halus atau botak, maka segerakan mengganti. Kondisi ban yang seperti itu akan sangat membuat tidak nyaman ketika digunakan untuk berkendara. Ban dengan kondisi licin dapat menyebabkan kecelakaan.

Tekanan yang ada pada ban sebaiknya diturunkan ketika hujan. Dengan kondisi jalanan yang penuh dengan genangan air, akan menyebabkan permukaan ban tidak seleruhnya menempel pada aspal. Kondisi seperti itu akan membuat ban mudah slip. Anda bisa sedikit mengempiskan ban. Hal tersebut dapat membuat permukaan ban yang menempel pada aspal semakin banyak.

Image By; Google.com

Kondisi hujan yang tidak bisa diterka kapan datangnya, bisa menjadi pengganggu aktivitas anda. Oleh sebab itu, melakukan persiapan serba ekstra akan sangat bermanfaat. Seperti selalu siap sedia jas hujan. Anda bisa menggunakan jas hujan serupa pakaian atau yang langsungan. Dengan menggunakan jas hujan selain sedikit meminimalisir anda terkena masuk angin, hal itu juga berpengaruh pada konsentrasi anda ketika berkendara. Ketika anda mengendarai motor, kehujanan dan kedinginan sedikit banyak akan membuat Anda tidak fokus dalam berkendara.

Helm standard di Indonesia adalah helm yang telah memiliki tanda khusus yakni SNI. Dengan helm standard tersebut, air hujan tidak akan mudah masuk. Sehingga tidak akan mengganggu jarak pandang anda ketika berkendara.

Kondisi hujan akan membuat jarak pandang pengendara motor menjadi terbatas. Oleh karena itu lampu motor akan sangat membantu untuk mengetahui kendaraan dari arah berlawanan, pengemudi lain pun akan menjadi waspada.

Kemudian jangan lupa selalu periksa dan ganti busi kendaraan secara berkala.

31 Total Views 1 Views Today