Cirebonmedia.com– Kota yang menjadi perbatasan antara provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah yaitu Cirebon memiliki kekayaan bahari yang tergolong melimpah, dari situ kota ini mampu menciptakan Petis Udang khas Cirebon yang dikenal dengan kenikmatan rasa yang sangat berciri khas.

Selain itu, Kota ini juga memiliki Pelabuhan yang memiliki sejarah panjang. Pelabuhan Cirebon dibangun pada tahun 1865, pada masa pemerintahan kolonial Belanda dan pada tahun 1890 diperluas dengan pembangunan kolam pelabuhan dan pergudangan. Pelabuhan Cirebon merupakan pintu gerbang perekonomian Jawa Barat dan merupakan pelabuhan alternatif bagi Pelabuhan Tanjung Priok, khususnya dalam melayani kegiatan perdagangan antar pulau.

Selain Pelabuhan yang menjadi daya tarik, Kota yang dikenal dengan sebutan Kota Wali ini juga memiliki dua pantai yang menjadi andalan wisata bahari yaitu Pantai Kejawanan dan Pantai Kesenden. Dengan memiliki Pelabuhan dan Pantai, Kota ini sangat berpotensi menjadi tujuan destinasi wisata bahari yang tak kalah dengan daerah lain di nusantara.

Menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Cirebon, Dana Kartiman, mengatakan pemerintah kota berencana untuk mengembangkan potensi wisata bahari di kota tersebut. “Kami merencanakan wisata bahari di tiga titik yaitu di Kejawanan, Kesenden, dan Pelabuhan,” ujarnya.

Beliau menambahkan, rencananya di daerah Kejawanan akan dibuka wisata hasil lautnya, Pelabuhan diarahkan pada pengembangan penumpangnya dan Kesenden menjadi area bisnis dan cindera mata. “Rencananya tiga titik tersebut mempunyai ciri khas masing-masing agar tiga-tiganya bisa berkembang dengan baik,” katanya.

Dengan didukung situs sejarah yang masih terjaga seperti Keraton Kasepuhan, Kanoman dan Kacirebonan, kedepannya Cirebon akan menjelma sebagai sebuah kota dengan destinasi wisata bahari yang menyenangkan, bisa dibayangkan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kota Cirebon untuk menikmati keindahan wisata bahari sambil merasakan kenikmatan makanan khas kota Cirebon seperti Nasi Jamblang, Nasi Lengko dan Empal Gentong.

Ini merupakan berita baik dan harus didukung oleh semua lapisan masyarakat agar kota yang dibanggakan ini tak kalah bersaing dengan kota lain di nusantara yang memiliki wisata bahari yang terkenal.

 

 

Image By: Google.com

58 Total Views 1 Views Today