Cirebonmedia.com- Liburan akhir tahun merupakan suatu momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak masyarakat, ini menjadi sebuah momen dimana dapat menghabiskan waktu bersama keluarga. Seperti halnya yang terjadi di liburan tahun baru 2016 ini di Keraton Kasepuhan Cirebon, yang ramai dikunjungi oleh rombongan wisatawan.

Keraton Kasepuhan yang merupakan salah satu peninggalan sejarah di Kota Cirebon memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang sebagiaj besar merupakan wisatawan dari luar daerah Cirebon. Selain itu Keraton Kasepuhan merupakan salah satu obyek wisata yang tepat untuk dikunjungi selama masa liburan. Selain berwisata, para pengunjung juga bisa sekalian belajar mengenai sejarah. Menurut data yang Cirebon Media dapat sampai dengan pukul 12.00 WIB pengunjung yang datang sudah mencapai lebih dari 500 orang, namun bukan tidak mungkin pengunjung yang datang akan terus bertambah karena masih banyak wisatawan yang berdatangan ke Keraton Kasepuhan.

Image By: Cirebon Media/ Bima

Keraton Kasepuhan merupakan keraton termegah dan paling terawat di Cirebon. Makna di setiap sudut arsitektur keraton ini pun terkenal paling bersejarah. Halaman depan keraton ini dikelilingi tembok bata merah dan terdapat pendopo didalamnya. Keraton ini memiliki museum yang cukup lengkap dan berisi benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Salah satu koleksi yaitu kereta Singa Barong yang merupakan kereta kencana Sunan Gunung Jati. Kereta tersebut saat ini tidak lagi dipergunakan dan hanya dikeluarkan pada tiap 1 Syawal untuk dimandikan.

Menurut salah seorang pengunjung Arum asal Yogyakarta mengaku sengaja berkunjung ke Keraton Kesepuhan karena ingin tahu bagaimana Keraton Kasepuhan itu yang merupakan peninggalan sejarah di Cirebon. “Saya sengaja berkunjung kesini karena ingin tahu sejarah dan melihat Keraton Kasepuhan Cirebon, kebeutulan juga saudara saya ada yang tinggal di Cirebon” ujarnya.

Untuk terus menarik minat wisatawan, pihak keraton pun terus berupaya meningkatkan kenyamanan, kebersihan dan keamanan. Tak hanya itu, di keraton peninggalan Sunan Gunung Jati itu juga disiapkan pemandu untuk mendampingi para pengunjung berkeliling di lingkungan keraton.

37 Total Views 1 Views Today