Bagi Pemula, Ini Tips Aman Mendaki Gunung

Cirebonmedia.com- Mendaki gunung merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang, kegiatan ini memang sarat akan tantangan dan sekaligus memacu adrenalin, setelah tantangan mendaki dilewati, para pendaki akan disuguhkan pemandangan indah sehingga ia lupa akan tantangan yang baru saja ia lewati. Hal ini lah yang membuat banyak sekali orang yang memiliki hobi mendaki gunung untuk melepaskan penat yang sudah memuncak.

Memang mendaki gunung sangat mengasyikan akan tetapi bagi pemula mereka harus mempersiapkan beberapa hal jika tidak ingin mengalami kesulitan saat perjalanan mendaki gunung. Tidak boleh sembarangan dan harus ekstra hati-hati jika ingin menaklukkan tantangan yang diberikan oleh alam. Jika anda pemula dan ingin mendaki gunung, alangkah baiknya menyimak tips berikut.

Mengecek lokasi pendakian

Sebelum memulai pendakian Anda disarankan mengecek dahulu lokasi pendakian dan mengetahui jalur pendakian yang akan dilewati. Apakah keadaan gunung saat itu dalam kondisi baik untuk didaki atau kondisi gunung siaga satu dan tidak layak untuk didaki. Bertanya kepada teman yang sudah hafal jalur pendakian juga penting dilakukan agar kita lebih siap melewati medan.

Olahraga minimal sebulan sebelum pendakian

Mendaki gunung membutuhkan fisik dan mental yang bugar. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan olahraga sebulan sebelum pendakian. Olahraga yang biasa dilakukan biasanya jogging atau lari.

Bawa barang yang penting saja

Mendaki gunung bukanlah piknik yang segala sesuatunya harus dibawa. Pilihlah barang bawaan dengan bijak. Selain hanya menambah beban tas, membawa barang secara berlebihan juga bisa menghambat pendakian, misalnya membawa tikar dengan gulungan besar.

Mendaki gunung

Sleeping bag dan tenda

Untuk perlengkapan tidur, diperlukan tenda dan sleeping bag. Untuk tenda, silakan bawa tenda sesuai dengan jumlah peserta yang ikut. Membawa tenda terlalu besar juga terkadang bisa menghambat pendakian karena beratnya. Untuk sleeping bag, silakan membawa sleeping bag yang sudah teruji kualitasnya. Selain itu, membawa matras juga sangat penting untuk keperluan tidur. Karena biasanya tanah yang digunakan sebagai alas tetap terasa dingin meskipun sudah menggunakan sleeping bag.

Membawa jaket sesuai ketinggian

Jaket atau pakaian hangat yang berbahan katun atau wol adalah pilihan baik untuk mendaki gunung. Dan ingat jangan membawa jaket atau pakaian yang berbahan jeans karena bahan ini memang nampak kuat dan praktis, tetapi sulit sekali kering apabila basah.

Source: Kompastravel

Shares
Share This