Destinasi Wisata Banyu Panas Cirebon

Cirebon, selain memiliki banyak peninggalan sejarah, juga mempunyai banyak tempat wisata yang tentunya menarik untuk dikunjungi masyarakat, maupun mereka yang gemar berekreasi. Apalagi seperti musim liburan sekarang ini, sejumlah tempat wisata perlu dijajal.

Bagi para traveler yang hendak berileksasi dan menikmati sensasi berendam air belerang, maka di Kota Ciberon ada salah satu destinasi wisata yang cukup populer di sana, yakni Banyu Panas Palimanan.

Kolam renang di Banyu Panas. Sumber: Berberita

Setiap akhir pekan, pemandian air panas ini selalu dipadati oleh banyak pengunjung. Di tempat ini, pengunjung bisa memanjakan diri sambil berileksasi menikmati hangat air yang mengandung zat belerang.

Selain bisa untuk melepas penat, pengunjung juga bisa melakukan terapi di pemandian air panas ini. Banyak warga setempat yang mengklaim, berendam di Banyu Panas Palimanan bisa mengobati penyakit rematik.

Banyu panas sendiri memiliki arti air panas, di mana air tersebut berasal dari sumber air alami dari perut bumi yang tingginya dapat mencapai tiga meteran.Sensasi hangat yang dihasilkan dari kandungan belerang berasal aktifitas Gunung Kronong. Semburan air panas yang tak henti-henti keluar itu kadar panasnya hingga mencapai 60 derajat celsius dengan bau belarang yang sangat menyengat dan dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kulit, bahkan sakit struk sekalipun.

Selain sensasi berendam, pengunjung juga akan disuguhi dengan rindangnya pepohonan di sekitar area pemandian yang menghasilkan kesejekuan bagi siapapun yang berkunjung ke sana.

Obyek Wisata Banyu Panas berdiri di atas tanah lebih dari tiga hektare yang statusnya miliki Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cirebon. Dan wisata yang telah diresmikan sejak 2010 ini telah dikelola oleh pihak Koperasi Manunggal Perkasa yang merupakan CSR dari PT Indocement.

Sebelum ada kerja sama pihak PT Indocement dengan pemda setempat untuk membangun wisata tersebut, dulu masih berupa hutan dan sering kali warga sekitar memanfaatkannya untuk melakukan terapi atau menyembuhkan penyakit kulit mereka.

Untuk bisa masuk ke area Banyu Panas Palimanan, pengunjung hanya dikenakan biaya retribusi sekitar lima ribu rupiah. Sedangkan bagi yang ingin berendam dan menikmati ‘pijitan’ air belerang, maka kita cukup merogoh kocek enam ribu rupiah.

Untuk dapat mencapai lokasi Obyek Wisata Banyu Panas, tempatnya yang berada di samping Pabrik PT Indocement ini, di sepanjang jalan kurang lebih 1 kilometer, pengunjung dapat menikmati keindahan gunung-gunung kapur yang dipenuhi pepohonan serta gedung pabrik Indocemen yang menjulang tinggi.

letak pemandian Banyu Panas Palimanan berada di Desa Palimanan Barat, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon. Jika penggunjung menggunakan kendaraan pribadi bisa menempuhnya melalui Jl. Raya Cirebon – Bandung Km, 20.

 

Sumber: Nusantara News, Kabar Cirebon

Diedit oleh: Nurfadhilah, SMKN 1 Palasah

Shares
Share This