Danau Setu Patok, Danau dengan pemandangan Sunset terindah di Cirebon

Pemandangan Danau Setu Patok. Sumber : Tempat.co.id

Sejuk rasanya jika anda bisa terbayang suasana pegunungan, laut atau lingkungan yang hijau. Objek wisata yang bisa anda jadikan pertimbangan untuk dikunjungi adalah Danau Setu Patok.

Danau Setu Patok berada di Mundu, Cirebon, Jawa Barat. Tempat ini seringklai ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa maupun akhir pekan. Banyak masyarakat menjagokan keindahan tempat wisata ini karena pesona keindahan yang dimiliki.

 

Fasilitas di Danau Setu Patok

Danau Setu Patok memiliki beberapa fasilitas yang membuat liburan anda semakin nyaman seperti, area parkir yang luas, Musholla, kamar mandi/ toilet umum dan penginapan. Sementara disisi lain, objek wisata ini memiliki Ciwalk atau sebuah area wisata yang berada di tepi waduk.

Fasilitasnya pun seperti pondok wisata, area outbound, camping area dan kolam renang. Terdapat pula lintasan ATV, area painball dan lain sebagainya. Anda bisa pula menemukan warung – warung kecil di sekitar lokasi untuk menikmati makanan ketika berkunjung.

Sejarah Danau Setu Patok

Setu Patok merupakan nama yang tidak asing karena selain bendungan ini mampu mengairi sawah, Setu Patok juga menjadi wisata domestik. Konon, dulunya ketika sering terjadi banjir, Sungai Naggela yang mengalir melalui desa Setu seringkali meluap dan banjir pun terjadi di Desa Setu dan sekitarnya. Jika musim hujan datang, masyarakat sudah siap dan tahu pasti bahwa daerahnya akan didatangi banjir.

Hal ini menjadi perhatian oleh tokoh setempat yakni turunan Luwung, Kiai Ento Rujitnala. Ia memikirkan keluhan masyarakat karena gagal panen atau rumah yang rusak disebabkan banjir. Selain beliau disegani, Kiai Entol terkenal sakti. Maka, dengan bantuan masyarakat pula, Kia Entol Rujitnala membuat bendungan agar bisa menampung luapan sungai Nanggela.

Sayangnya setelah bendungan telah jadi, masyarakat di Desa Setu belum juga lepas dari musibah. Bendungan yang telah dibuat malah bocor atau bobol ketika menampung sungai Nanggela. Kiai Entol maish harus berpikir keras apa yang harus diperbuat untuk membantu warga setempat.

Karena tekadnya yang besar dalam membantu masyarakat, beliau memutuskan untuk akhirnya membangun kembali bendungan diikuti sayembara. Baragsiapa yang sanggup membuat bendungan kokoh dan tidak terjadi lagi banjir di Desa Setu, ia akan dinikahkan oleh putrinya yang memiliki paras cantik yakni Nyai Ratu Randulawang.

Mendengar sayembara itu, datangla pemuda gagah perkasa dan sopan santun bernama Muqoyyim Seya. Ia memasang patok di setiap sudut bendungan dan memasang seutas bening. Ia meminta Kiai Entol turut duduk bersamanya di sekitar bendungan berdoa memohon pertolongan. Tidak lama kemudain bendungan itu menjadi bangunan yang kokoh yang seolah tidak ada yang bisa menghancurkannya. Melihat itu, warga bahagia dan Kiai Muqoyyim menikah dengan putir Kiai Entol, Nyi Ratu Randulawang.

Tips Berkunjung ke Danau Setu Patok

Rencanakan kunjungan anda dengan sampai di lokasi wisata pada sore hari untuk menikmati sunset. Jika ingin menaiki boot untuk sampai di bukit tengah danau setu patok, ajak teman untuk mengabadikan keindahannya. Tetap perhatikan langkah anda ketika sampai di bukit tersebut karena mimiliki kemiringin yang cukup tajam.

Indonesia memiliki keindahan di setiap sudut daerahnya. Kali ini dari Cirebon, Danau Setu Patok menawarkan pemandangan cantik dan eksotik untuk menjadi tempat wisata.

Memasuki tempat wisata Danau Setu patok tidak akan membuat anda menyesal karena gratis! Belum lagi anda bisa menyewa perahu untuk menuju bukit di tengah danau seharga Rp. 20.000 pula. Tempat ini buka setiap hari 24 jam. Anda bisa merencakan unutk menginap jika ingin menikmati pemandangan sunset yang memanjakan mata.

Dikutip dari : tempat.co.id

Shares
Share This