10 Festival Aneh di Dunia

Menikmati indahnya sebuah negara tidak melulu tentang menengok eksotisnya panorama alam, birunya lautan hingga megahnya bangunan. Akan tetapi, kamu juga bisa menikmati cantiknya destinasti wisata tersebut melalui tradisi dan festival-festival aneh yang dimilikinya. Berikut beberapa festival aneh di dunia.

     1. Thaipusam

merupakan sebuah festival yang unik yang diadakan oleh umat Hindu Suku Tamil tujuannya untuk memperingati kelahiran Dewa Murugan serta permohonan ampun atas dosa-dosa yang selama ini mereka perbuat. Festival ini terkenal karena pesertanya melakukan berbagai hal yang ekstream seperti menindik bagian tubuhnya konon hingga meneteskan darah. festival ini diadakan setiap tahun oleh umat Hindu pada bulan purnama dalam kalender Tamil, yang terjadi pada bulan Januari atau Februari yang terjadi di beberapa negara yang memiliki banyak umat Hindu.

      2. Boryeong

festival unik ini berasal dari Korea Selatan, Festival Lumpur Boryeong merupakan salah satu festival unik yang terjadi pada musim panas di bulan Juli yang dirayakan di Pantai Boryeong. Selain berbagai aktifitas yang menyenangkan seperti gulat lumpur dan seluncuran lumpur, Lumpur di Pantai Boryeong sendiri dipercaya memiliki banyak kandungan mineralnya yang bermanfaat untuk kulit.

      3. La Tomatina

Festival yang mulai ada sejak tahun 1945-an ini sendiri berlokasi di kota kecil bernama Bunol, Spanyol. Festival ini menggunakan tomat busuk yang diremas  hingga puluhan ton, para peserta festival bebas melempar tomat ke arah manapun yang mereka sukai. Festival ini biasa diadakan setiap hari rabu terakhir di bulan Agustus.

      4. Saidai-ji

fastival yang dirayakan setiap tahun di Jepang. Sumber: shopback

festival ini diadakan setiap tahunya di sebuah kuil yang bernama Saidaiji. Secara kasar, festival ini lebih terkenal dengan sebutan festival Naked Men atau pria telanjang, meskipun sebenarnya para peserta tidak benar-benar telanjang. Festival ini merebutkan sekitar 100 buah batang bambu suci yang dilempar oleh seorang biksu dari sebuah jendela kecil. Konon katanya siapapun yang berhasil mendapatkan batang bambu tersebut, ia akan mendapatkan keberuntungan. lokasi kuil ini berada di Okayama, Jepang.

      5.  The Bog Snorkling

Festival unik ini diadakan di sebuah kota kecil bernama Llanwrtyd Wells, Wales. Festival ini diadakan di parit yang mempunyai air cukup dalam. Memiliki lintasan sepanjang kurang lebih 55 meter, festival tersebut mampu menarik minat wisatawan dari berbagai negara setiap tahunnya. Selain lokasi acaranya yang unik, para pesertanya pun juga mengenakan kostum yang nyentrik.

      6. Snowman Burning Day

Masyarakat yang tinggal di sekitar daerah Superior, Amerika Serikat setiap tahunnya selallu beramai-ramai membuat sosok manusia salju di pekarangan rumah masing-masing lalu membakarnya untuk menandai kembalinya musim Semi, yang biasa terjadi pada tanggal 20 Maret.

      7. Battle Of The Oranges

Festival turun-temurun ini diadakan selama 3 hari berturut-turut dengan menggunakan 400 ton jeruk dan diselenggarakan di kota lvrea, Italia setiap pertengahan Agustus. Festival ini lebih terorganisir karena peserta akan dibagi menjadi beberapa tim dan harus mengenakan kostum yang sama agar juri dapat menilai tim mana yang paling tepat dalam menyerbu pasukan tim penjaga.

      8. Burning Man

lebih dari 70.000 orang datang ke gurun Nevada, Amerika untuk hadir dalam festival aneh yang diberi nama Burning Man. Selama satu minggu setiap musim panas, Dengan mengenakan pakaian yang tidak seperti biasanya, mereka ramai-ramai menuju ke Black Rock City, sebuah padang pasir yang dijadikan sebagai kota sementara untuk acara seni besar diselengarakan. Selain terdapatnya berbagai instalasi seni yang menakjubkan, di akhir acara mereka akan membakar sesosok patung pria besar yang menjadi asal muasal dari nama acara tersebut.

      9. The Viking Festival

Festival yangdirayakan di Skotlandia. Sumber: festival sherpa

Pada masanya Viking pernah menginjakan kakinya hingga Skotlandia. Terbukti dengan adanya festival yang diadakan seriap tahunnya di kota Skotlandia. Festival ini mengenakan kostum ala bangsa Viking. Selama beberapa hari, para peserta akan mengadakan treatikal, tarian, hingga nyanyian di jalanan kota dengan membawa obor yang digunakan untuk membakar sebuah kapal sebagai simbolis.

      1o. Hair Freezing Day

Kontes festival yang diadakan di sumber air panas Yukon, Kanada pada bulan Februari. Festival ini mengharuskan para pesertanya untuk berendam di kolam yang memiliki suhu 40 derajat celcius dengan suhu udara yang berbanding terbalik, yakni minus 30 derajat celcius yang secara otomatis akan membuat rambut kamu membeku seketika setelah berendam. Asiknya lagi, siapa pun yang memiliki tatanan rambut beku terunik akan mendapatkan hadiah uang sebesar 150 dollar.

Dikutip dari: shopback
Dikutip oleh: Siti.j, SMKN 1 Palasah