Kerupuk Kulit Khas Cirebon

Cirebonmedia.com– Kota Cirebon merupakan surga kuliner, di dalamnya terdapat makanan-makanan yang lezat dan melegenda, hampir seluruh makanan di Cirebon sangat disukai oleh masyarakat baik lokal maupun internasional salah satunya adalah Kerupuk kulit ,beberapa daerah menyebutnya rambak. Rambak adalah kerupuk yang terbuat dari kulit kerbau yang diolah dengan diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Setelah mengalami proses perebusan dan pengeringan pada terik matahari sekitar 2-3 hari, kerupuk mentah yang kering ini siap digoreng menjadi kerupuk yang siap untuk dihidangkan.

Di desa batembat Cirebon banyak terdapat home industri dibidang kuliner salah satunya Munawir, salah seorang pengusaha kerupuk rambak didesa batembat , “usaha ini merupakan usaha turun temurun yang telah diwariskan kepada beberapa generasi sebelumnya ” ujar munawir di kediamanya didesa batembat tengah tani .

Kerupuk rambak merupakan jajanan yang sangat diminati masyarakat khususnya para pendatang atau pengunjung dari luar kota yang sekedar membeli sebagai buah tangan.

Kerupuk rambak merupakan makanan yang sangat lezat dengan harga yang relatif mahal namun konsumen dapat mendapat kepuasan karena kelezatanya.kerupuk ini merupakan makanan ciri khas masyarakat Cirebon .

IMG_1311 Banyak pengunjung mengatakan bahwa kerupuk rambak buatan Cirebon adalah jajanan kurupuk paling lezat dibandingkan dengan kerupuk rambak daerah lain , Pengerajin kerupuk rambak di daerah batembat berharap mendapat dukungan lebih dari pemerintahan agar pengusaha dapat mengembangkan usaha nya. Dan tentu saja akan meningkatkan omset pemasukan para pengerajin .

Pada saat hari- hari libur atau hari besar banyak turis asing maupun domestik singgah untuk mencari jajanan atau cindramata khas kota Cirebon. Menurut mereka Cirebon merupakan kota yang khas yang memiliki makanan-makanan legendaris seperti Docang, dan Nasi Jamblang yang menjadi buruan para wisatawan.

Terlebih setelah diresmikanya jalan tol Cipali omset pengunjung meningkat derastis, saat ini wisatawan telah menjadikan kota cirebon sebagai salah satu tujuan wisata , saat jalan tol cipali belum ada banyak wisatawan yang menyayangkan letaknya yang jauh dari ibu kota membuat para wisatawan enggan untuk berkunjung padahal menurut mereka kota cirebon merupakan kota yang sangat menjanjikan. Kedepanya Cirebon akan menjadi salah satu kota besar di Indonesia.

 

 

Oleh: Harja

Image By: Harja/ Cirebon Media

 

Shares
Share This