Kue Gapit Khas Cirebon

Cirebonmedia.com– Cirebon memiliki beberapa makanan tradisional yang khas dan salah satunya ialah Kue gapit , kue gapit  terbuat dari tepung tapioka bentuknya mirip kue simping. Namun jika simping memiliki diameter lebih lebar dengan ketebalan yang sangat tipis, kue gapit berdiameter kecil dan lebih tebal dan tetap renyah saat dicicipi.

Kue gapit adalah sebuah kue kering atau makanan ringan yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Makanan ringan tersebut memiliki berbagai bentuk dan rasa. Meskipun makanan tersebut merupakan oleh-oleh terkenal bagi para pengunjung di Cirebon, para penduduk di wilayah tersebut jarang memakannya. Nama gapit untuk kue tersebut diambil dari cara pembuatannya. Dengan cara adonan kue yang sudah jadi digapit oleh dua lempeng besi diatas pembakaran. Hasilnya adonan menjadi pipih dan kue pun menjadi renyah ketika sudah matang.

Kue gapit menjadi salah satu makanan khas Cirebon yang banyak diburu oleh wisatawan, disepanjang jalan tengah tani banyak penjual yang menjajalkan makanan ini.

Menurut munawir salah satu pedagang, kue gapit banyak dicari para wisatawankhususnya wisatawan asal Jakarta, Bandung dan sekitarnya dengan harga yang relatif murah menjadikan makanan ini sangat diburu.

kue gapit 593X890
Image By: Google.com

Kue gapit tersedia dengan campuran kacang dan original, dengan pecahan kacang tanah menjadikan kue ini semakin gurih dan renyah,  harga nya pun lebih tinggi dibandingkan kue gapit yang original.

Pada mulanya makanan khas Kota Udang ini hanya memiliki satu varian rasa yaitu rasa keju kacang, namun seiring berkembangnya usaha tersebut sang pemilik menambahkan rasa Jahe manis. Tetapi pada kenyataannya Rasa kacang keju lebih banyak diminati konsumen dibandingkan dengan rasa Jahe manis . oleh karna itu Bpk. Syakhowi memproduksi kue gapit rasa jahe hanya jika ada yang memesan saja.

Makanan yang satu ini sangat pas disantap saat suasana santai seperti menonton TV atau berkumpul sambil bercanda bersama sanak saudara. Dengan tekstur yang renyah serta memiliki cita rasa yang gurih camilan ini bisa membuat suasana Anda menjadi lebih meriah.

Shares
Share This