Menu Olahan Ikan Dori yang Maknyus

Cirebonmedia.com- Cirebon terkenal dengan wisata kulinernya yang sangat bervariasi dan lezat rasanya tentu saja. Mulai dari makanan tradisional, Chinese food, Japanese food, seafood, dan western food semua komplit ada di Cirebon. Kazanah kuliner di Cirebon pun bertambah lagi dengan hadirnya suguhan menu hasil olahan dari ikan dori. Lalu sebenarnya apa sih ikan dori itu?

Ikan dori yang bernama lengkap John Dory adalah ikan berbentuk pipih bulat dengan totol hitam di tengah berwarna kuning di badannya dan memiliki sirip-sirip yang tajam. Ikan dori berasal dari lautan dalam Australia Selatan. Dagingnya yang putih, lembut, dan gurih itulah yang merupakan daya tarik untuk dijadikan panganan dengan berbagai cara olahan seperti dipanggang, dibakar, dan digoreng dengan balutan tepung yang crispy.

ikan dori 593X890 Namun dibalik ketenaran nama ikan dori ini banyak beberapa kabar yang masih tumpang tindih. Yang pertama adalah ikan dori yang beredar di pasaran itu sebenarnya bukan ikan dori melainkan ikan patin. Memang secara sepintas mirip tapi ada beberapa perbedaan di warna dan tekstur dagingnya. Yang kedua karena dijual dalam bentuk fillet di swalayan tidak ada yang tau bentuk ikan dori yang beredar di pasaran dan dari mana asalnya. Kabarnya ikan-ikan tersebut diimport dari Vietnam bukan dari Australia. Cirebonmedia pun mencoba mencari tahu kebenaran kabar burung tersebut dan akhirnya mendapat suatu kesimpulan bahwa memang ikan dori berasal dari Australia tapi Indonesia mengimpornya dari Vietnam. Karena kelangkaan ikan dori dan harganya yang mahal maka menurut pengakuan beberapa koki dan pemilik restoran atau café memang betul ikan dori yang diolah sering diganti dengan ikan patin lokal. Tapi kalau di restoran dan hotel kelas premium masih tetap menggunakan ikan dori impor.

Anyway, walau dengan segala desas-desus yang ada menu olahan ikan yang memiliki kemiripan dengan ikan patin ini sekarang sedang naik daun terutama di Cirebon. Menurut hasil pantauan Cirebonmedia beberapa café dan restoran seperti Olive Bistro, Warung Gaul SHUKA SHUKA, dan Green Eastern sudah menyajikan menu ikan dori sebagai menu andalan menggantikan ikan gurame dan ikan kakap yang sudah melegenda. Dan justru segala isu tentang ikan dori semakin mendongkrak popularitasnya dan membuat orang semakin penasaran ingin mencicipinya. Hmmmmm yummy………

Oleh: Brian Kwee

Shares
Share This