Cirebonmedia.com- Rencana pemerintah Cirebon yang berupaya menjadikan Cirebon sebagai destinasi pariwisata dan Kota berjuta Kuliner, membuat berbagai investor berlomba-lomba untuk membangun kerajaan bisnisnya serta ikut andil dalam transformasi Cirebon menjadi destinasi wisata, Saat ini kuliner di Cirebon sudah semakin menjamur, hampir di setiap titik keramaian memiliki sebuah tempat kuliner dengan ciri khas nya masing-masing, di cirebon sendiri terdapat berbagai jenis makanan yang melegenda diantara nya:

Empal Gentong

Empal Gentong. Sebenarnya makanan empal gentong ini adalah gulai daging sapi yang saat proses pemasakan di masukkan kedalam gentong. Rasa dari empal gentong ini adalah legit dan juga memberikan sensasi rasa daging yang lembut dengan kuah mirip dengan soto, maka rasa yang di hasilkan akan sangat lezat.

Docang

Makanan yang satu ini adalah makanan yang terdiri dari daun singkong, lontong, kerupuk, taoge dan tempe gembos. Tentu saja wisata kuliner kota cirebon yang satu ini harus di berikan parutan kelapa muda di atasnya. Biasanya kuliner di cirebon Docang ini di sajikan pada pagi hari atau lebih tepatnya sebagai makanan untuk sarapan.

Intip Tahu

Intip tahu adalah salah satu kuliner khas Cirebon yang sangat digemari oleh berbagai macam kalangan baik masyarakat ekononi kebawah dan ekonomi keatas. Dengan harga yang relatif murah yaitu Rp.1.500 – Rp.2.000 pembeli sudah dapat menikmati kelezatan dari makanan yang saat ini sangat sulit didapatkan meski di daerah asalnya. Dengan variasi jenis rasa diantaranya Original,Jamur, Dage,ikan ayam dan maaih banyak lainya.

Kuliner cirebon yang menjadi primadona

Kuliner cirebon yang menjadi primadona

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang adalah sebuah makanan yang berasal dari  Jamblang, sebuah daerah yang berada di barat Kota Cirebon. Nasi jamblang atau sega jamblang ini biasanya di sajikan dalam bungkusan daun jati. Untuk lauk dari wisata kuliner cirebon nasi jamlang ini ada banyak sekali yang bisa anda kombinasikan seperti misalkan saja tahu sayur, sambal goreng, semur, ikan asin, tempe dan tahu.

Tahu Gejrot

Makanan khas Cirebon yang satu ini adalah tahu yang di potong-potong kemudian di beri bumbu dengan berbahan dasar bawang merah, cabai, gula merah, bawang putih kemudian di haluskan sampai tercampur rata.