Jenis Kerupuk Favorit Orang Indonesia

Bicara tentang kuliner Indonesia memang tidak ada habisnya. Mulai dari makanan khas daerah hingga beberapa lainnya yang terinspirasi dari luar negri. Kebiasaan orang Indonesia saat menyantap makanan ditemani dengan makanan pedukung.

kerupuk uyel. Sumber: ajourneybespoke

Nah makanan pendukung ini ternyata kerupuk. ada beberapa jenis kerupuk yang menjadi kerupuk favorit orang Indonesia yang paling sering dijadikan teman makan.

      1. Kerupuk Uyel atau Kerupuk Putih

Jenis kerupuk yang satu ini terbilang sangat terkenal. Kerupuk uyel dengan bentuk keriting yang melegenda ini dapat kita jumpai dari warteg hingga restoran. Cocok disantap semua jenis hidangan, terutama yang berkuah seperti mie instan, bakso, soto, lontong sayur, dan lainnya.

      2. Kerupuk Bawang

Kerupuk bawang ini sangat mudah di temuklan. Ada yang berwatna polos dan ada juga yang sekeliling pinggirannya berwarna. Kerupuk ini biasanya sangat cocok bila disantap dengan hidangan nasi uduk, bubur ayam, gado-gado, lontong sayur dan yang lainnya. Bentuk kerupuk yang kecil pas untuk satu kali santapan.

      3. Kerupuk Udang

Jenis kerupuk ini terbuat dari tepung tapioka, udang, dan beragam bumbu rempah lainnya. Udang yang biasa digunakan adalah jenis udang kecil yang ditumbuk hingga halus. Kerupuk udang cocok untuk semua jenis makanan.  kerupuk ini tidak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga di luar negeri seperti di Jerman dan Belanda. Orang sana mengenal dengan sebutan krabbenchips atau prawn crackers.

      4. Kerupuk Kulit

Kerupuk ini sangat cocok menjadin pendamping masakan Padang, juga bisa dijadikan krecek makanan pendamping gudeg khas Jogja. Kerupuk ini terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau olahan yang kemudian diberi bumbu rempah hingga melalui berbagai proses perebusan dan pengeringan. Sebelum menjadi kerupuk kulit yang gurih dan bisa dikonsumsi.

      5. Kerupuk Pangsit

Kerupuk Mie. Sumber: Wikipedia

Kerupuk yang satu ini memiliki rasa yang sangat gurih dan tekstur yang kriuk membuat makanan pendamping ini cocok jadi pendamping bakso atau mie ayam.

      6. Kerupuk Mie

Kerupuk ini paling cocok menjadi pendamping asinan atau soto, warnanya khas kuning menyala. Tak hanya soto dan asinan, kamu bisa menikmati bubur ayam, pecel, dan rujak dengan kerupuk ini.

      7. Emping

kerupuk yang berbahan dasar buah melinjo. cara membuatnya sangat mudah, hanya perlu menumbuk atau menggepengkan biji melinjo hingga pipih, kemudian barulah dijemur di bawah sinar matahari. sesudah kering langsung dapat digoreng. kerupuk ini sangat cocok dihidangkan dengan soto betawi, bubur ayam, gado-gado, nasi goreng dan ketoprak.

Dikutip dari: Shopback
Dikutip oleh: Siti.J, SMKN 1 Palasah