Menjelang bulan Oktober dimana secara rutin masyarakat merayakan Ulang Tahun Kota Cirebon, sekolompok pemuda–pemudi Komunitas Bisnis Kreatif MONSTERVERBOND bekerjasama dengan CIMS FOUNDATION menggelar acara Pameran dan Pentas dan Budaya Wilayah Cirebon dengan Tema “ SANGKAKALA CIREBON”. Acara tersebut akan diselenggarakan mulai tanggal 12 – 30 September 2014 di Grage City Mall di lantai 2 Pengambiran Cirebon.

Menurut penuturan Ketua Panitia Acara Pentas Seni dan Budaya SANGKAKALA CIREBON Bpk. Andri HR Somamihardja acara ini digelar dengan maksud dan tujuan:

Meningkatkan daya tarik wisata di wilayah Cirebon yaitu Wisata Sejarah Peradaban dari  masa ke masa di wilayah Cirebon.

—Mengungkap tempat-tempat sejarah Jaman Sunda Kuno (Padjajaran Prabu Siliwangi ) sampai Jaman Kemerdekaan RI, dan barang seni bersejarah di wilayah Cirebon dan wilayah lainnya.

—Memberikan pendidikan pengetahuan SEJARAH kepada masyarakat terutama para Pelajar di Kota Cirebon

Acara ini akan dipersembahkan kepada masyarakat Cirebon dengan arah penyelenggaraan menapaki masa lalu merebah masa silam Cirebon. Memasuki “Gerbang Rahasia“ Cirebon akan mengetahui rekam jejak serta potret peradabannya selama hampir 1000 tahun sejak jaman Sunda Kuno hingga awal Kemerdekaan Republik Indonesia, dikemas dengan sangat artistik dan dinikmati sebagai suguhan edutainment, talkshow sejarah dan budaya, performance art, musik, tari tradisional dan lain-lain selama acara berlangsung. Namun masih banyak Cerita Cirebon yang belum terungkap atau belum tercatat di sejarah mengenai asal muasal Cirebon dan peradabannya sampai Kemerdekaan RI, dengan mengumpulkan Informasi , memamerkannya dan mendiskusikan pada acara ini akan menjadi daya tarik tersendiri sebagai memperkuat daya tarik wisata Cirebon masa datang.

Berikut ini adalah sub kegiatan di acara tersebut:

  1. Pameran Wisata Sejarah dan Patilasan Prabusiliwangi
  2. Pameran Photo Benda Pusaka dan Barang Peninggalan Prasejarah di wilayah Cirebon serta peninggalan Kesultanan Cirebon
  3. Pameran Komunitas-komunitas Jadoel Cirebon
  4. Pameran Seni Perhiasan batu-batuan
  5. Pameran Replika benda sejarah
  6. Pameran lukisan Prabusiliwangi
  7. Pameran Batik Kuno
  8. Pentas seni dan Budaya di Wilayah Cirebon
  9. Talkshow tentang sejarah dan budaya
  10. Penayangan Film Sejarah Perang Kedongdong tahun 1818
  11. Pengobatan Alternatif
  12. Pameran Cindramata dan oleh-oleh Cirebon
  13. Pameran Tempat Wisata dan Tour and Travel Cirebon
  14. Seminar Membangun Industri Kreatif Sinematografi di Cirebon
  15. Workshop Sinematografi

Dengan adanya acara ini diharapkan dapat dinikmati oleh masyarakat umum terutama untuk Para Pelajar se wilayah Cirebon. (AN/red)