Cirebonmedia– Musik merupakan sesuatu yang sangat luar biasa, tanpa musik kehidupan terasa hampa dan tak lengkap, ibarat seekor singa yang kehilangan taringnnya. Musik adalah sebuah fenomena unik yang dapat dihasilkan dari perpaduan suara yang harmoni. Begitu pentingnya peranan musik bagi kehidupan manusia, hingga ia mampu merubah suasana hati seseorang dari yang sedih menjadi riang gembira melalui alunan melodi yang indah.

Dalam perkembangannya, musik memunculkan genre-genre baru yang kemudian mampu bersaing seiring berjalannya waktu. Perang Dunia II adalah satu sejarah yang mengubah segalanya. Pada tahun 1962 saat pertengahan perang sedang berlangsung, Inggris kemudian kehilangan salah satu daerah jajahannya pada masa tersebut yaitu Jamaika yang mulai membentuk pemerintahan sendiri meskipun masih tetap sebagai negara persemakmuran. Budaya Jamaika kemudian berkembang, musiknya mulai terefleksi dalam optimisme baru dan menjelma sebagai aspirasi rakyat yang liberal.

Jamaika telah mengadopsi berbagai bentuk musik asal Amerika. dan saat PD II berakhir pada 1950-an, musisi Jamaika mulai melakukan eksperimen dengan menggabungkan unsur-unsur musik mento dan musik kalipso dari Karibia dengan jazz dan rhythm and blues dari Amerika Serikat, dan disitulah pertama kali terlahirnya genre musik baru yaitu Ska. Sejak saat itu pada periode1960-an, ska yang merupakan genre musik baru tersebut menjadi dominan di Jamaika dan kemudian menjadi populer meluas.

Di Indonesia Ska mulai populer di tahun 90’an melalui grup band Tipe-X. Grup band yang terbentuk pada tanggal 10 September 1995 ini terdiri dari 6 personel yaitu Tresno Riadi (vokal), Micky (bass), Yoss (gitar), Arie Hardjo (drum), Billy (gitar), dan Anto (trombone).

Namun pertarungan sengit di industri musik Indonesia membuat musik Ska mulai sedikit demi sedikit dilupakan oleh masyarakat, untuk itu Bentani Hotel Cirebon yang bekerjasama dengan salah satu perusahan rokok Apache ingin mengembalikan kenikmatan Ska kepada telinga masyarakat melalui konser Tipe-X yang bertema ‘Ska is Back.’ Acara yang akan diselenggarakanpada tanggal 28 Maret 2015 bertempat di Grizzly’s Pub and Resto tersebut akan dimulai pukul 22.00 s/d selesai. Untuk para pecinta musik ska di wilayah kota Cirebon dan sekitarnya, jangan sampai melewatkan konser asik yang akan mengobati kerinduan penggemarnya terhadap musik yang memiliki kenangan indah ini.