Cirebonmedia.com- Kucing merupakan binatang karnivora yang ramah pada manusia. Banyak sekali manusia memilih kucing sebagai binatang piaraan mereka karena kucing adalah binatang yang unik serta menggemaskan dan tak jarang kucing juga dijadikan predator alam dalam menanggulangi masalah manusia akibat gangguan dari binatang pengerat seperti tikus.

Kucing sendiri  tercatat telah berinteraksi dan hidup  berdampingan dengan manusia sejak 6.000 tahun SM, dari kerangka kucing yang ditemukan di Pulau Siprus. Pada tahun 3.500 SM orang Mesir Kuno  telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari hasil panen yang disimpan di lumbung.

Saat ini kucing merupakan salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Jumlah pengadopsi kucing semakin banyak dan  komunitas-komunitas pecinta kucing pun bertumbuhan. Ada beberapa jenis ras kucing yang memiliki bentuk yang menggmaskan serta keunikan tersendiri seperti dari bulu yang halus, panjang dan lebat serta corak warna yang berbeda dari kucing-kucing yang ada. Tak hanya disitu saja cara perawatan kucing yang tergolong mudah serta sifatnya yang manja dan penurut membuat kucing menjadi binatang kesayangan banyak keluarga di dunia.

Populernya kucing sebagai binatang peliharaan, memunculkan idea tau gagasan bagi banyak orang untuk melombakan binatang lucu ini dalam tema “Cat Show”.  Cat Show sendiri sekarang mulai banyak digelar di kota-kota di nusantara tak terkecuali Cirebon. Di Cirebon sendiri acara serupa sudah digelar sebanyak tiga kali sejauh ini. Dan Cat Show kali ini yang berlangsung pada 19 April 2015 diselenggarakan  oleh Starfive Project yang bekerjasama dengan  Grage Mall Cirebon dan didukung oleh Komunitas Pecinta Kucing Cirebon (KPKC) serta I’m Organik sebagai sponsor.

Acara ini  bertempat di atrium Grage Mall Cirebon. Dalam acara kali ini, sebanyak 78 kucing turut andil. Nominasi juara ditentukan oleh kesehatan kucing, jenis ras kucing dan keindahan tampilan kucing. Tak hanya melombakan kucing, dalam kesempatan kali ini, KPKC juga mengadakan penggalangan dana untuk kucing-kucing jalanan di Cirebon serta membagi wawasan kepada masyarakat bagaimana merawat kucing dengan baik.