Cirebonmedia.com– Dengan menengok perkembangan yang terjadi sampai dengan saat ini memunculkan potensi dan peluang bagi Cirebon untuk berubah sebagai kota Metropolitan seperti hal nya Jakarta. Pembangunan hotel yang kian gencar, beroperasinya Tol Cipali, serta proses pembangunan bandara Kertajati merupakan faktor-faktor yang mampu merubah Cirebon seiring berjalannya waktu.

Kota Cirebon adalah sebuah kota mandiri terbesar kedua di Provinsi Jawa Barat, setelah ibukota Jawa barat, yakni Kota Bandung. Kota ini berada di pesisir Laut Jawa, di jalur pantura. Jalur Pantura Jakarta – Cirebon – Semarang merupakan jalur terpadat di Indonesia. Kota Cirebon juga adalah kota terbesar keempat di wilayah Pantura setelah Jakarta, Surabaya, dan Semarang.

Dalam era saat ini, letak strategis dan peninggalan sejarah serta budaya yang dipertahankan membuat Cirebon berkembang dan memiliki wajah baru dalam dunia bisnis. Tak hanya menjadi tempat transit saja seperti sebelumnya, kini Cirebon berevolusi menjadi salah satu kota yang menarik para pebisnis untuk berinvestasi. Keunikan yang dimiliki Kota Udang inilah yang kemudian ditangkap oleh para pelaku usaha untuk menggelontorkan dana dan membangun usaha di kota Cirebon.

Resmi beroperasinya Tol Cipali serta proses pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Kab. Majalengka memberikan harapan baru. Harapan baru itu muncul bukan hanya bagi perusahaan maskapai penerbangan, melainkan juga sektor usaha lainya seperti, pariwisata, penginapan, dan kuliner.

19445359380cirebon-kota Kini kota yang juga dikenal dengan sebutan kota wali telah menjelma sebagai salah satu kota pusat bisnis dan Industri. Kota yang dikenal dengan sebutan kota udang ini adalah target sasaran empuk bagi pelaku usaha, industri dalam skala kecil, menengah hingga besar telah berdiri di Cirebon. Menjadi salah satu kota metropolitan bukan hanya isapan jempol belaka, infrastruktur pendukung seperti Tol, Pelabuhan dan Bandara Internasional sudah dihadirkan dan dikembangkan. Tidak menutup kemungkinan 2 hingga 5 tahun kedepan Cirebon akan menjadi kota besar di Jawa Barat seperti halnya Bandung dan Ibu Kota Jakarta.

Sebagai masyarakat Cirebon patutnya kita bangga dan antusias dalam menyambut era baru yang terjadi di Cirebon, perkembangan inilah yang kedepannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Cirebon mengingat perubahan mata Nusantara dalam melihat Cirebon yang dahulu hanya dijadikan tempat singgah namun kini memili potensi untuk investasi. Masyarakat Cirebon harus lebih sigap menangkap peluang ini, jangan sampai masyarakat mejadi tamu di kota sendiri.

 

 

Image By: Google.com