Cirebonmedia.com- Dunia pada saat ini telah memasuki gerbang baru dengan berkembangnya dan kemajuan diberbagai sektor dari usaha, pendidikan hingga teknologi. Untuk mengimbangi perkembangan dan kemajuan tersebut diperlukan pengetahuan atau wawasan tambahan seperti sebuah seminar yang sering digelar di berbagai Universitas untuk menambah pengetahuan bagi mahasiswa maupun masyarakat.

Seminar merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Kata seminar berasal dari kata Latin seminarum, yang berarti “tanah tempat menanam benih. Seminar biasanya dipimpin oleh seorang pemandu dan dibantu oleh seorang atau beberapa orang sekretaris. Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar seringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal.

Salah satu universitas kenamaan yaitu Universitas Tujuh Belas Agustus Cirebon melalui Fakultas Teknik Mesin menggelar seminar “Seminar Nasional Inovasi dan Rekayasa Teknologi (SNIRT) ke IV”. Acara yang digelar di Aula Pascasarjana UNTAG Cirebon bertema “Pemanfaatan Potensi Energi Baru dan Terbarukan di Daerah” dengan menghadirkan pembicara Pakar Bioenergi ITB, Akhmaloka dan Komisaris PLTU Cirebon H. Eddy Danu. Digelarnya acara ini bertujuan sebagai pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi, memberikan pengetahuan dan proses pembelajaran bagi mahasiswa.

Menurut Irfan Nugroho selaku Ketua Panitia SNIRT-VI “Seminar ini digelar agar para mahasiswa selalu belajar konsisten, sekaligus sebagai upaya untuk memberikan pembelajaran riset. Riset tersebut diperuntukan bagi mahasiswa prodi mesin untuk meriset pembangkit listrik tenaga surya maupun angin”. Ungkap beliau.

Selain menggelar seminar, salah satu universitas terbaik ini juga menggelar pameran hasil karya mahasiswa teknik mesin. Dengan memperlihatkan sebuah hasil karya para mahasiswa berupa Mesin Pengering, Mesin Vacuum Frying, Mesin Pendingin, Mesin Modifikasi Konventional ke Injeksi dan AC Split.

Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut karena sarat akan manfaat bagi perkembangan pendidikan di tanah air agar Indonesia bisa menjadi Negara produktif , berkembang dan maju dalam berbagai sektor.

 

 

Image By: Bhakti Gunawan/ Cirebon Media