Cirebonmedia.com- Cirebon adalah salah satu kota besar yang berkembang pesat di provinsi Jawa Barat, baik dari segi pertumbuhan penduduk, infrastruktur bangunan, dan tidak lupa dalam bidang industrial, Cirebon sendiri memiliki potensi dalam memajukan bidang industrialnya sendiri, Cirebon bahkan tidak kalah saing dengan kota-kota besar penghasil industri lainnya seperti kota Bandung, Bogor, Tasikmalaya, dan Indramayu. Mereka adalah penghasil industri terbesar di Jawa Barat, dan punya ciri khasnya sendiri dalam kerajinannya, dan Cirebon pun tidak kalah dalam bersaing di bidang Industri tersebut.

Cirebon Industrial Expo 2015 yang diselenggarakan dalam rangka merayakan hari jadi Kota Cirebon 646 di acara Cirebonfest2015 yang dilaksanakan di Grage City mall, itu merupakan salah satu bukti bahwa Cirebon sendiri mampu bersaing dalam industri yang siap menglobal, Expo ini pun bertujuan untuk terus menghimpun para usahawan Cirebon agar tetap terus berkarya dan berkreasi dalam meningkatkan usaha khas Cirebon itu sendiri, dan juga lebih kreatif dalam mengemas hasil usaha mereka agar omset mereka dapat bertambah semakin besar dan berlipat, contoh dari hasil kretifitas pengusaha Cirebon adalah “Atom Kocir” yang juga tidak kalah dengan bakpia dari Yogyakarta, itu adalah salah satu prestasi dalam perkembangan di bidang industri sendiri. Dalam perkembangan bidang Industri ini pemerintah pun ikut campur tangan/membantu, membina dan mengembangkan dalam bentuk pemasarannya agar lebih tersebar di seluruh nusantara, agar dapat lebih maju lagi dan lebih berkembang.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan salah satu kendala dari pelaku usaha kecil ada promosi, maka dari itu Pemkot Cirebon mencoba memfasilitasi agar mereka mampu memamerkan produknya kepada khalayak umum.

Beliau menuturkan untuk Cirebon Industrial Expo 2015 jumlahnya 26 pelaku usaha dan kegiatan serupa juga pernah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Ada banyak produk-produk unik dan menarik dari pelaku usaha di Kota Cirebon yang belum banyak dikenal publik,” Ujarnya.

Harapan yang semoga dapat terwujud dari pemerintah kepada para usahawan tersebut adalah bisa lebih bagus, lebih baik lagi dalam membuat usaha yang lebih kreatif agar keuntungan yang di dapatnya menjadi lebih banyak juga berlipat, tidak hanya itu keuntungannya dalam bidang memajukan usaha industri itu nama Cirebon akan semakin terangkat dan peningkatan pun akan lebih baik kedepannya.

 

Oleh: Shalom/ Leo

Image By: Bhakti Gunawan/ Cirebon Media