Gedung Kesenian Nyi Mas Rarasantang

CirebonMedia.com- Cirebon merupakan kota dengan beragam seni dan budaya, dari kota ini tercipta beberapa aktor seni professional. Seni merupakan sebuah keindahan hampir semua manusia menyukai kesenian baik kesenian klasik maupun modern, Kota Cirebon memiliki gedung kesenian yaitu gedung kesenian Nyi Mas Rarasantan gedung yang berada di Jalan perkantoran, Bima kota Cirebon.

Geung Kesenian ini dibangun pada tahun 1990 pada masa pemerintahan Khumaedi selaku Wali Kota Cirebon saat itu dengan dana sebesar Rp1,5 miliar.

Dahulu gedung ini tidak pernah sepi banyak pertunjukan pertunjukan seni, setiap hari nya pasti ada yang melalukan latihan, dahulu gedung ini merupakan kebanggaan masyarakat cirebon namun saat ini keaadan gedung ini sangat memperihatinkan, kondisinya sangat berantakan, mengingat kota Cirebon akan menjadi venue Pon yang berlangsung tahun depan yang akan melangsungkan cabang olah raga renang.

Kalangan seniman menilai hingga saat ini keberadaan Gedung Kesenian Cirebon Nyi Mas Rarasantang belum representatif untuk pertunjukan kesenian karena kondisi fisiknya kurang mendukung terselenggaranya pertunjukan pentas seni, mereka berharap pemerintah setempat lebih memperhatikan.nasib keberlangsungan senimaan cirebon dan berharap kejayaan seniman cirebon dapat kembali lagi seperti dahulu kala.

IMG_4648 Kondisi dalam gedung yang memiliki tata suara yang buruk karena keramik yang digunakan untuk bagian lantai GKC menimbulkan gema suara sehingga sangat merusak suasana pertunjukan, selain itu bagian dinding yang mudah rembes dan kontruksi atap yang hanya memakai seng kurang memadai jika digunakan untuk pertunjukan. Karena kondisi akan sanagt panas jika pertunjukan dilakukan pada siang hari.

Gedung Kesenian yang dimiliki Kota Udang ini harus tetap dipertahankan, karena bangunan yang didirikan pada tahun 1990 ini bisa menjadi wadah bagi para seniman asli Cirebon untuk menampilkan karya-karya mereka serta dapat mendukung agar kesenian Cirebon tidak mudah hilang ditelan zaman. Pemerintah dan masyarakat harus bergandengan tangan saling mendukung untuk tetap menjaga gedung yang memiliki sejarah seni dan budaya bagi Cirebon.

 

 

Oleh: Harja

Image By: Harja