Rail Clinic Resmi Diluncurkan

Cirebonmedia.com- Klinik adalah suatu fasilitas kesehatan publik kecil yang didirikan untuk memberikan perawatan kepada pasien luar. Biasanya klinik hanya mengobati penyakit – penyakit ringan seperti demam dan sebagainya, sedangkan kasus-kasus yang lebih parah diajukan ke rumah sakit. Klinik biasanya berada area publik. Namun hari ini PT Kereta Api Indonesia KAI melaunching sebuah klinik di atas kereta atau Rail Clinic.

Peluncuran Rail Clinic dilakukan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Rail Clinic ini di akui sebagai fasilitas dan layanan kesehatan pertama di Indonesia yang ada di atas kereta. Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan adanya Rail Clinic di harapkan mampu memberi pelayanan kesehatan bagi para pegawai dan masyarakat di sepanjang jalur kereta. Rail Clinic juga dapat di fungsikan sebagai kereta penolong ketika terjadi situasi gawat darurat ataupun bencana. “Dengan adanya Rail Clinic ini, kami berharap dapat membantu pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di daerah bencana atau daerah yang tak terjangkau oleh kendaraan bermotor. Ini juga salah satu komitmen KAI dalam memberikan nilai tambah yang tinggi bagi masyarakat,” Kata Edi Saat Peluncuran Rail Clinic di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu 12 Desember 2015

130645_keretaklinik3 Rencananya Rail Clinic akan mulai melaksanakan tugas pertamanya pada 19 Desember 2015 mendatang. Dengan 2 unit kereta atau gerbong kereta, Rail Clinic milik KAI ini akan memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di sekitar Stasiun Wojo, Kecamatan Bagelan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Rail Clinic sendiri dibangun sejak 10 Oktober 2015 lalu di Balai Yasa, Yogyakarta. Kereta klinik ini memiliki mesin penggerak mandiri sehingga tidak membutuhkan lokomotif sebagai penarik kereta.

Dalam acara peluncuran Rail Clinic ini, PT KAI juga memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). PT KAI dinilai berhasil merancang kereta kesehatan pertama di Indonesia.

 

 

Oleh: Bima

Image By: Google.com