Perpustakaan 400 Cirebon

Cirebonmedia.com- Perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, serta dimanfaatkan oleh masyarakat. Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, semua informasi yang ingin kita ketahui dapat kita akses melalui internet. Hal ini membuat sebagian masyarakat merasa tidak perlu lagi pergi ke perpustakaan untuk mencari informasi, oleh sebab itu saat ini perpustakaan kian sepi pengunjung.

IMG_4847 Namun tidak dengan Perpustakaan 400 yang berada di Jl Brigjen Dharsono By Pass No 11, Kota Cirebon. Perpustakaan ini didirikan oleh Ikatan Keluarga Batalion 400 Tentara Pelajar Brigade XVII Siliwangi pada tahun 1980 an. Saat ini perpustakaan 400 tetap ramai dikunjungi oleh pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum sebagai tempat menambah ilmu pengetahuan dengan kebiasaan membaca. Perpustakaan yang buka setiap hari pukul 08.00 sampai pukul 17.00 ini tiap harinya di kunjungi oleh lebih dari 100 orang pembaca. Di perpustakaan 400 ini tersedia ribuan jenis buku yang ditata rapi sesuai dengan jenis buku tersebut. Mulai dari buku untuk kanak-kanak, pengetahuan umum, buku tentang kebudayaan, ekonomi, komunikasi, pertanian, hukum, teknologi, sains, ilmu pemerintahan, buku-buku cerita, ilmu murni, kesenian, pelajaran untuk siswa dari berbagai tingkatan dan lain – lain.

Biasanya banyak para pengunjung yang datang hanya sekedar membaca atau mengerjakan tugas – tugas, namun di perpustakaan 400 ini masyarakat bisa mendaftar sebagai anggota perpustakaan agar dapat meminjam buku dan membawa pulang buku yang di pinjam. “Ya disini kita bisa meminjam buku dengan di bawa pulang, namun harus mendaftar jadi anggota dulu. Untuk wilayah III Cirebon, bisa membuat kartu tanda anggota dengan gratis, persyaratannya dengan membawa photocopy KTP, foto 3×4 sebanyak dua lembar. Dan bagi yang terlambat mengembalikan buku akan dikenakan sanksi” ujar pustakawan, Manto 59 tahun.

 

 

Oleh: Bima

Image By: Bima/ Cirebon Media