Cirebonmedia.com– Jalan merupakan sarana prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukan bagi lalu lintaas, oleh sebab itu jalan juga harus dirawat dan dibersihkan. Untuk bagian yang merawat dan membersihkan jalan adalah Dinas Kebersihan dan Pertamanan DKP.

Saat ini Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cirebon  memiliki 2 buah unit mobil pembersih dan penyapu jalan street sweeper. Mobil street sweeper ini berfungsi untuk membersihkan sampah yang tercacar di jalan dengan cara disedot kedalam penampungan dengan kapasitas 2,5 meter kubik yang terdapat di dalam mobil, selain sampah debu dan pasir yang dapat menggangu para pengguna jalan pun dapat terangkut. Selama ini Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cirebon menggunakan jasa penyapu jalan untuk membersihkan sampah di sepanjang ruas jalan utama Kota Cirebon dan dengan hadirnya 2 unit mobil street sweeper, pembersihan ruas jalan bakal lebih cepat dan optimal.

Cara kerja mobil street sweeper akan lebih cepat dari petugas penyapu jalan sehingga akan ada efisiensi untuk waktu pembersihan jalan-jalan protokol di Kota Cirebon. Dua mobil penyapu jalan seharga 5,3 miliar ini didatangkan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat ke Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cirebon, pada Senin 16 november 2015 ini mau tidak mau akan menggeser keberadaan petugas penyapu jalan, meskipun DKP menegaskan keberadaan para petugas ini tidak akan terpengaruh. Sementara daya jangkau mobil ini untuk membersihkan sampah di Kota Cirebon sekitar 15 km dengan kecepatan 20 km/jam. Sementara untuk bahan bakar minyak jenis solar yang dibutuhkan dalam 1 jam sekitar kurang lebih 7 liter. Sementara untuk perawatan mobil ini sama dengan mobil pada umumnya. Tapi, suku cadang atau onderdil street sweeper hanya ada toko trakindo di daerah Cilandak, Jakarta.

Semoga dengan kehadiran 2 unit mobil street sweeper ini jalanan di Kota yang dikenal dengan Empal gentongnya ini menjadi lebih bersih dan indah.

 

 

Oleh: Bima

Image By: Bima/ Cirebon Media

60 Total Views 4 Views Today