Cirebonmedia.com- Kemajuan kota Cirebon memang sangat cepat laju pertumbuhan ekonomi pun meningkat tajam saat ini banyak dijumpai bangunan bangunan megah yang menghiasi suasana kota Cirebon, namun kemajuan yang pesat ini tidak dibarengi dengan cepatnya perbaikan pelayanan publik, salah satunya adalah penerangan jalan yang masih belum merata menerangi sepanjang jalan diwilayah Cirebon.

Penerangan mutlak diperlukan masyarakat khususnya saat berkendara di malam hari, disepanjang jalan By pas kota Cirebon dan disekitar jalan Kabupaten banyak dijumpai lampu-lampu penerangan jalan yang tidak menyala, tentunya hal ini mengganggu kenyamanan masyarakat saat bepergian dimalam hari.

Lampu penerangan jalan adalah bagian dari bangunan pelengkap jalan yang dapat diletakkan atau dipasang di kiri dan kanan jalan atau di tengah yang digunakan untuk menerangi jalan maupun lingkungan di sekitar jalan yang diperlukan termasuk persimpangan, jalan layang interchange, overpass, fly over, jembatan dan jalan di bawah tanah underpass, terowongan.

Beberapa fungsi dari Lampu Penerangan Jalan antara lain :

untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengendara, khususnya untuk mengantisipasi situasi perjalanan pada malam hari.

memberi penerangan sebaik-baiknya menyerupai kondisi di siang hari.

untuk keamanan lingkungan atau mencegah kriminalitas.

untuk memberikan kenyamanan dan keindahan lingkungan jalan.

 

Sistem Penempatan Lampu Penerangan

Sistem penempatan lampu penerangan adalah susunan penempatan/penataan lampu yang satu terhadap lampu yang lain. Sistem penempatan ada 2 sistem, yaitu:

Sistem Penempatan Menerus

Sistem penempatan menerus adalah sistem penempatan lampu penerangan jalan yang menerus/kontinyu di sepanjang jalan/jembatan.

Sistem Penempatan Parsial setempat

Sistem penempatan parsial adalah sistem penempatan lampu penerangan jalan pada suatu daerah-daerah tertentu atau pada suatu panjang jarak tertentu sesuai dengan keperluannya.

Masyarakat berharap pihak yang berwenang dapat segera memperbaiki sarana dan prasarana publik demi keamanan dan kenyamanan bersama.

 

Semoga kedepannya penerangan jalan di Kota Cirebon semakin membaik, karena penerangan jalan sangat diperlukan khususnya pada malam hari, banyak sekali tindak kejahatan yang terjadi karena suatu daerah yang gelap. Tak hanya disitu saja jalan yang gelap juga berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

 

 

Oleh: Harja

Image By: Harja/ Cirebon Media

 

35 Total Views 1 Views Today