Cirebonmedia.com- Sebuah kota pasti terdapat salah satu sudut jalan yang rawan akan kemacetan, tidak terkecuali di kota Cirebon. Pesatnya pertumbuhan ekonomi di kota Cirebon membuat para investor berinvestasi untuk membangun hotel, pusat perbelanjaan dan rumah makan.

Salah satunya seperti di kawasan Jl. Kartini kota Cirebon. Jalan yang teletak di pusat kota Cirebon ini saat ini telah berdiri beberapa hotel, pusat perbelanjaan, rumah makan, sekolah dan lain-lain. Hal ini membuat kawasan ini rawan akan kemacetan pada jam jam sibuk. Hal ini di perparah dengan adanya perlintasan kereta api sehingga akan ada penumpukan kendaraan jika kereta api melintas.

Menanggapi hal ini Walikota Cirebon Nasrudin Azis mengatakan bukan tidak mungkin peraturan satu arah yang pernah di berlakukan di Jl. Kartini ini akan di terapkan kembali. “Masalah lalu lintas di kota ini semakin macet jika tidak ada suatu penataan dan rekayasa arus lalu lintas, untuk itu kebijakan one way atau satu arah bisa kita terapkan kembali” ujar Azis. Beberapa waktu lalu memang Jl Kartini pernah memberlakukan peraturan satu arah, namun mendapat protes dari pihak angkutan umum karena harus memutar jalan. Azis juga menginstruksikan kepada Dinas Perhubungan Kota Cirebon untuk segera menata dan membuat rekayasa lalu lintas agar masalah kemacetan di Jl. Kartini ini dapat segera teratasi.

Sementara itu menurut Dinas Perhubungan belum siap jika peraturan satu arah kembali di berlakukan karena jika ingin memberlakukan peraturan tersebut Dinas Perhubungan harus mengkaji dengan matang bersama forum lalu lintas. Akan tetapi menurut Kepala Dinas Perhubungan dan Komunikasi Maman Sukirman menyetujui jika Jl. Kartini kembali menjadi satu arah, “untuk peraturan satu arah harus dikomunikasikan dengan forum lalu lintas dan kesiapan personel untuk menerapkannya”. Ia juga menambahkan “Konsepnya sudah ada hanya tinggal melanjutkan dan membenahi teknisnya saja seperti apa”.

Semoga dengan rencana diberlakukanya one way pada salah satu jalan terpadat di Kota udang ini, dapat mengatasi kemacetan yang sering terjadi.

 

 

Oleh: Bima

Image By: Bima/ Cirebon Media

75 Total Views 2 Views Today