Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional

Cirebonmedia.com- Dampak era globalisasi ini sedikit demi sedikit mengikiskan rasa nasionalisme dan rasa kepedulian sosial kehidupan masyarakat di Indonesia, kehidupan saat ini semakin jauh dari norma norma sosial dan semakin jauh dari kehidupan PANCASILA.

Sejarah singkat didirikanya Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, HARI SOSIAL pertama kali diperingati pada tanggal 20 Desember 1959 dicetuskan oleh Mentri Sosial Bapak H. Moeljadi Djojomartono.

Kemudian Pada peringatan yang ke XIX tanggal 20 Desember 1976, oleh Menteri Sosial Bapak HMS. Mintardja, SH. Nama HARI SOSIAL diubah menjadi HARI KEBAKTIAN SOIAL.

Dan pada peringatan yang XXVI tanggal 20 Desember 1983, oleh Menteri Sosial Ibu Nani Soedarsono, SH. Nama HARI KEBAKTIAN SOSIAL diubah lagi menjadi HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL.

Filosofi Kesetiakawanan Sosial adalah kepekaan rasa ingin menjadi bagian atau terlibat dari suatu keadaan sehingga muncul keinginan untuk menolong secara sukarela atau tanpa pamrih apapun.

Esensi dari Peringatan HKSN adalah untuk menggugah perasaan, empati terhadap kesulitan orang lain secara bersama-sama melalui aksi nyata. (togetherness for willingness/ Menggugah kesadaran bersama untuk kebaikan semua)

DASAR HUKUM

  1. UUD 1945, Pembukaan dan Pasal 34 ayat (1), (2), (3) dan (4).
  2. UU No.11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial
  3. UU No. 13 Tahun 2011 tentang Fakir Miskin
  4. PP No. 39 Tahun 2012 tentang penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial
  5. SK Panpus HKSN Tahun 2014
  6. Piagam Makassar tentang Kesetiakawanan Sosial, dengan 4 produk :
  7. Komite Ketiakawanan Sosial
  8. Bulan Bhakti Kesetiakawanan Sosial
  9. Satuan Tugas Kesetiakawanan Sosial
  10. Pos Komunikasi Sosial

hksn Tepatnya Tanggal 20 Desember 2015 Seluruh wilayah kesatuan Negara Republik Indonesia Memperingati hari Kesetiakawanan Sosial Nasional. Tak kecuali kota cirebon yang mulai terkena dampak, saat ini tidak sedikit generasi generasi muda yang acuh tak acuh akan kehidupan sekitarnya, mereka disibukan dengan kemajuan teknologi yang memungkinkan seseorang untuk mendekatkan seseorang yang jauh dan menjauhkan seseorang yang dekat.

Untuk itu hari kesetiakawanan sosial nasional diperingati untuk mengingatkan generasi muda dan menanamkan rasa kepedulian serta kesetiakawanan kepada sesama.

 

 

Oleh: Harja

Image By: Google.com