Cirebonmedia.com- Musim Hujan telah bebepa pekan turun dikota Cirebon Harga komoditas sayur serentak naik drastis mengawali pekan ini. Kenaikan harga tersebut disebabkan oleh datangnya musim hujan yang melanda hampir diwilayah indonesia bagian barat termasuk cirebon.

Cirebon adalah salah satu kota yang cukup besar, Cirebon juga menjadi pusat perdagangan di sekitar wilayah 3 Cirebon itu sendiri, para petani dari sekitar wilayah 3 Cirebon memasok hampir semua hasil buminya ke pasar-pasar besar yang ada di kota Cirebon, baik itu buah, sayuran, dan bahan pangan lainnya.

Salah satu Pedagang di pasar Kanoman Cirebon mengatakan, dengan masuknya musim penghujan membuat pengiriman beberapa komoditi menjadi terlambat. Hal tersebut bisa terjadi karena di beberapa daerah penghasil komoditi telah banjir sehingga mengakibatkan distribusi terganggu. Dan Karena terlambatnya pengiriman tersebut membuat komoditas yang diangkut rusak. Akibatnya, pasokan sayur menjadi berkurang dan harga menjadi melambung tinggi.

Terlebih Jelang hari raya Natal, dan tahun baru, tidak terkecuali Harga Cabai dan bahan-bahan dapur lainnya terus merangkak naik.

Harga Cabai dan Bawang Naik Tajam dalam Sepekan, Harga Bawang Merah merangkak Naik, dengan kondisi tersebut cabai merah rawit keriting kini dibandrol Rp 48 ribu per kg. Padahal, pada pekan kemarin masih berkisar Rp 35 ribu per kg.

Menurut hasil penelusuran Cirebon Media di Pasar Kanoman Cirebon harga “Cabai keriting Rp 48 ribu per kg. Dari sebelumnya Rp 20 ribu per kg terus melonjak mulai awal desember hingga saat ini Cabai keriting pekan kemarin masih Rp 35 ribu per kg. Harga cabai merah rawit naik Rp 3.000 per kg, dari sebelumnya Rp 40 ribu per kg menjadi Rp 43 ribu per kg.diperkirakan harga akan tetap merangkak sampai awal tahun.

Kenaikan harga diikuti oleh bawang merah dan bawang putih dengan harga saat ini masing-masing Rp 36 ribu per kg dan Rp 28 ribu per kg. “Tomat saat ini dibandrol Rp 14 ribu per kg, dengan harga normal tomat Rp 10 ribu.

 

 

Oleh: Harja

Image By: Harja/ Cirebon Media

23 Total Views 2 Views Today