Cirebonmedia.com- Jalan Tol Cikopo-Palimanan atau disingkat Tol Cipali adalah sebuah jalan tol yang terbentang sepanjang 116,75 kilometer yang menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan Cirebon Jawa Barat. Jalan tol ini merupakan kelanjutan dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menghubungkan dengan Jalan Tol Palimanan-Kanci. Jalan tol ini juga sekaligus merupakan bagian dari jalan tol trans Jawa yang akan menghubungkan Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

Jalan tol ini memperpendek jarak tempuh sejauh 40 km dan diprediksi akan memotong waktu tempuh 1,5 sampai 2 jam dibandingkan melewati Jalur Pantura. Jalan tol yang dibangun dengan dana Rp. 12,56 triliun ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jaringan jalan serta mendorong pengembangan kawasan pendukung di wilayah Jawa Barat. Tol Cipali sendiri diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Juni 2015.

Pasca di bukanya jalur tol Cikopo Palimanan atau Cipali membuat investasi di Kota Cirebon naik dengan signifikan. Dampak positif dari adanya tol Cipali ini membuat iklim investasi di Kota Cirebon makin membaik dibandingkan dengan sebelumnya, dimana semakin banyak para investor yang membangun hotel dan pusat perbelanjaan. Dan setelah beroperasinya tol Cipali, Kota Cirebon saat ini tidak hanya menjadi sebagai kota transit saja, tetapi sudah menjadi sebuah kota tujuan, baik untuk tujuan bisnis, wisata maupun kuliner dan lainnya. Hal ini yang membuat para investor berani berinvestasi di Kota Cirebon karena kondisi ekonominya yang sedang merangkak naik.

Selain pertumbuhan investasi yang semakin hari semakin membaik, Kota Cirebon juga sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dalam sektor wisata, baik itu wisata sejarah, wisata religi, wisata alam, wisata kebudayaan maupun wisata kuliner. Seperti halnya Keraton di Kota Cirebon, dimana wisata ini menjual sisi kebudayaan dan sejarah untuk dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke Cirebon, selain itu ada juga wisata Ziarah Makam Sunan Gunung Jati yang menjual nilai religinya dan masih banyak lagi. Oleh karena itu perekonomian Cirebon semakin mengalami peningkatan meskipun sampai saat ini belum bisa disebutkan dengan angka.

 

 

Oleh: Bima

Image By: Bima/ Cirebon Media

60 Total Views 1 Views Today