Cirebonmedia.com- Suasana pasar sumber yang semrawut akibat dari kebakaran hebat tahun lalu, hal tersebut membuat para pedagang yang menjajakan dagangannya di jalan raya kini sudah tidak terlihat lagi. Hal ini dikarenakan sudah seminggu lebih ini para pedagang di pasar sumber dipindahkan oleh pemerintah daerah kabupaten Cirebon ke Pasar Darurat yang berlokasi di sekitar lahan terminal sumber dekat kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon. Sebelumnya rencana pemindahan pedagang ini sempat tidak menemukan jalan terang karena ada sebagian pedagang yang menolak rencana tersebut.

Menurut salah seorang pedagang minuman mengaku, dirinya senang akhirnya bisa mendapatkan lahan baru yang strategis, “Alhamdulillah sudah pindah, disini lebih enak lebih tersusun area berjualannya” ujar Ibu Nur pedagang minuman. Ia juga menambahkan semoga pemerintah segera membangun kembali pasar Sumber agar para pedagang bisa berjualan seperti dahulu.

IMG_5478

Image By: Cirebon Media/ Bima

Namun dibalik pemindahan para pedagang ke pasar darurat ini ada kecemasan para pedagang karena area pasar berada sangat dekat dengan menara tengangan tinggi sutet. Seperti halnya yang diungkapkan Mas Ang seorang penjual ketoprak, “Disini sebenarnya sudah cukup baik tempatnya tapi sayang deket banget sama sutet, takutnya terkena radiasi dari sutet itu”. Ia juga berharap semoga pihak pemerintah memperhatikan nasib para pedagang.

Pasar sendiri merupakan salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur di mana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian.

Pasar Sumber sendiri merupakan salah satu tombak perekonomian Kabupaten Cirebon, dan bencana kebakaran tahun lalu cukup membuat roda perekonomian di pasar ini mengalami kelumpuhan, bahkan akibat besarnya api pada saat itu, membuat ratusan rumah milik warga sekitar yang lokasinya berdempetan nyaris terbakar. Besarnya kobaran api membuat salah satu tempat sarana ibadah turut terbakar di bagian depan. Semoga dengan disediakannya area pasar yang baru, roda perekonomian bisa kembali bergulir dengan normal seperti sebelumnya.

86 Total Views 2 Views Today