Presiden Jokowi Resmikan Kampung KB Desa Mertasinga

Cirebonmedia.com- Negara Indonesia merupakan salah satu Negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia, oleh karena itu kepadatan jumlah penduduk ini diatur oleh lembaga yang dikenal dengan BKKBN.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana ataudisingkat BKKBN, adalah sebuah Lembaga Pemerintah Non Departemen Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang Keluarga Berencana dan keluarga sejahtera. BKKBN sendiri memiliki sebuah program bernama Kampung KB. Seperti yang baru saja diresmikan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo di Desa Mertasinga Kabupaten Cirebon.

Dalam acara kunjungan kerja Presiden Joko Widodo secara resmi memperkenalkan kampung KB, sebuah program yang dibuat oleh BKKBN di Desa Mertasinga. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Jabar, Kepala BKKBN, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan serta Bupati dan Walikota Cirebon.

Menurut Kepala BKKBN Dr. Surya Chandra Surapaty. MPH., Ph.D mengatakan, dalam kampung KB akan mengajak masyarakat untuk melaksanakan program yang dibuat oleh BKKBN “Dalam kampung KB ini kita mengajak msayrakat melaksanakan program ke pendudukan keluarga berencana serta peduli dengan aspek kesehatan, pendidikan dan lingkungan hidup” ujar Dr. Surya. Ia juga menambahkan dengan adanya program kampung KB ini diharapkan pembangunan nasional betul betul diarahkan kepada masyarakat.

Selain itu juga menurut Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dengan dicanangkannya Kampung KB ini diharapkan Desa Mertasinga akan menjadi desa dimana seluruh keluarga disini menjadi keluarga sejahtera dan bahagia sehingga mampu membantu indonesia menjadi lebih baik lagi, “Ini menjadi tanggung jawab BKKBN bahwa mulai sekarang kita kembali ke program dua anak cukup agar keluarga di Indonesia lebih sejahtera dan dapat membantu Indonesia”.

IMG_5835
Image By: Cirebon Media/ Bhakti Gunawan

Dalam acara ini Presiden Joko Widodo juga sempat melakukan pidato mengatakan Laju pertumbuhan penduduk di Indonesia mencapai 1,3% tiap tahunnya, itu artinya tiap tahun jumlah penduduk Indonesia bertambah 3 juta jiwa. Dengan penduduk yang ada di Indonesia dan beberapa masalah yang ada maka semuanya perlu diatur “Jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 252 juta jiwa dan dengan masalah masalah seperti masalah pangan, masalah sandang, masalah kesehatan, masalah pendidikan oleh karena itu keluarga harus direncanakan dan diatur agar masalah tersebut dapat kita atasi” ungkap Jokowi.

 

Selain itu di dalam sela-sela pidatonya Presiden Jokowi juga memberikan hadiah berupa sepeda bagi keluarga yang sudah melakukan program KB. Seperti yang didapat oleh Dewi Sri yang sudah mengikuti program KB sejak 3 tahun lalu.