Cirebonmedia.com- Di awal 2016 Ini kota Cirebon sedang gencar melakukan pembenahan diri perbaikan insfrastuktur yang banyak ditemui di sudut-sudut kota, bukan menjadi rahasia lagi jika kelak kota Cirebon akan sejajar dengan kota-kota besar lainya Persiapan ini bukan hanya dilakukan oleh pemerintah saja, Para Pembisnis besar telah berbondong-bondong berinvestasi dibidang properti dan jasa hiburan.

Pembangunan mall dan hotel telah gencar di lakukan terakhir di penghujung 2015 telah dibuka sebuah mall dan hotel megah di kawasan jalan Kartini. Bahkan untuk pertama kalinya Sebuah apartemen mewah akan dibangun di jalan tuparev .

Sejak tahun 2011, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mencanangkan mengenai konsep Metropolitan Cirebon Raya. Gubenur Jabar Ahmad Heryawan pernah mengatakan bahwa di Jabar akan dibangun beberapa wilayah dengan kategori metropolitan, diantaranya yaitu Metropolitan Bodebek Kapur, Metropolitan Bandung raya dan Metropolitan Cirebon Raya.  Ketiga daerah terebut tentunya memiliki keunggulan dan potensi yang berbeda. Metropolitan Cirebon Raya (Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Indramayu dan Majalengka) sendiri akan dikembangkan sebagai metropolitan budaya sejarah, dengan sektor unggulan yaitu wisata , industri dan kerjainan.

Konsep metropolitan tersebut diyakini oleh Pemerintah akan mendonkrak pembangunan ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat. Seperti kita ketahui bersama bahwasannya konsep tersebut menjadi fenomena yang sampai saat ini belum diketahui oleh penduduk pada umumnya. Padahal, konsep tersebut digadang – gadang bisa menjadi salah satu pilar pembangunan ekonomi, kesejahteraan, modernisasi di wilayah Jabar. Tentunya dengan adanya fenomena tersebut bisa menjadikan peluang sekaligus tantangan bagi Pemerintah yang tergabung dalam Cirebon metropolitan dalam menjawab dan menyelesaikannya.

Potensi dan Keunggulan yang Dimiliki

Wilayah III Cirebon memiliki potensi yang tentunya berbeda satu sama lain anta daerahnya. Namun, dalam mengembangkan konsep Metropolitan Cirebon Raya ditarik kesimpulan bahwa keunggulan yang dimiliki ada pada sektor  budaya dan sejarah. Dalam mengindentifikasi keunggulan-keunggulan yang dimiliki masing-masing daerah, dapat dilihat berdasarkan keunggulan absolut (absolute advantage), keunggulan komparatif (comparative advantage), dan keunggulan kompetitif (competitive advantage). Masing-masing keunggulan tersebut dapat berbeda satu sama lainnya. Berdasarkan sumber dari Analisis Tim WJPM-DM,2011 keunggulannya sebagai berikut.

Absolute Advantage (Keunggulan Absolut):
-Daerah iklim tropis berupa dataran rendah, pegunungan dan pantai
Budaya Nadran (pesta laut), Syawalan Gunung Jati, Topeng Cirebon, Tarling, Sintren, Sandiwara Cirebonan, Debus, Kesenian Gembyung, Tayuban, Wayang Golek, Kuda Lumping, Ngarot, Tari Topeng Dermayon, Genjring Akrobat, dll
– Keraton, Situs sejarah, Bumi Perkemahan, Taman Nasional Gunung Ciremai, Gedung Perjanjian, dll
– Perkampungan batik Trusmi
– Sungai, situ, dan waduk
Comparative Advantage (Keunggulan Komparatif):
-Letak geografis strategis berada di Jalur Pantura
-Bandara Cakrabuwana, Stasiun Kejaksan, Pelabuhan Perikanan Kejawanan
– Ketersediaan tenaga kerja yang terampil dalam memproduksi batik dan rotan
-SDA melimpah berupa hasil laut, kayu, bahan galian, energi panas bumi, minyak dan gas
Competitive Advantage (Keunggulan Kompetitif)
-Pelabuhan Cirebon untuk pengangkutan batu bara
– Warisan budaya Keraton
– Pengrajin batik berpengalaman selama bertahun-tahun
-Pengrajin rotan berkelas dunia

Image By: Google.com

Isu dan Permasalahan yang Harus Dihadapi

Dalam mengembangkan suatu konsep tentu harus menganalisis menganai isu – isu dan permasalahan yang kerap terjadi diwilayah tersebut. Khususnya Cirebon Metropolitan memiliki beberapa isu dan permasalahan strategis yang harus dipecahkan. Beberapa isu yang ada dan sering menjadi perbincangan diantaranya yaitu seputar transportasi, sosial, kependudukan, lingkungan, dan ketersedian infrastruktur. Pertama yaitu Transportasi, seperti yang kita ketahui bersama masih banyak jalan – jalan besar atau kecil yang msih jauh dari standard, selain itu kemacetan pun kerap terjdi di beberapa ruas jalan. Hal penting yang tak kalah pentng yaitu soal keamanan dan kenyamanan berlalu lintas, begitu juga dengan sistem trasportasi publik yang belum bisa mengakomodir atau memenuhi kebutahan masyarakat pada umumnya. Secara umum, terdapat beberapa isu strategis transportasi yang menjadi perhatian khusus di wilahan BKPP III Cirebon terutama dalam lingkup Metropolitan Cirebon.

 

122 Total Views 4 Views Today