Cirebonmedia.com- Cirebon adalah sebuah kota yang terletak di wilayah pantai utara pulau Jawa. Kota yang dijuluki sebagai kota udang ini memiliki banyak sekali tempat tempat wisata seperti wisata sejarah, wisata religi, wisata kuliner dan wisata belanja. Hal ini membuat Cirebon mempunyai potensi besar dalam sektor pariwisata. Ditambah dengan adanya tol cipali dan masyarakat ekonomi asean saat ini yang pasti sangat mempengaruhi jumlah pengunjung yang datang ke Cirebon menjadikan tempat wisata sebagai salah satu destinasi para pengunjung yang datang ke Cirebon untuk berwisata. Namun sudah siapkah Cirebon menjadi kota tujuan wisata ?

Menurut survei yang dilakukan oleh Cirebon Media, beberapa tempat wisata di Cirebon belum siap untuk menjadi tujuan pariwisata walaupun ada juga yang sudah siap menjadi tujuan pariwisata. Untuk membuat Cirebon siap 100% untuk menjadi kota tujuan wisata diperlukan beberapa hal yang menyangkut banyak kalangan.

Image By: Cirebon Media/ Bima

Ada tiga faktor penting yang dapat mendukung kemajuan pariwisata di Cirebon yaitu masyarakat, pemerintah dan investor. Ketiga faktor harus saling berkolaborasi agar tercapainya sebuah tempat wisata yang aman dan nyaman. Masyarakat harus sadar diri dan menciptakan suasana aman dan nyaman mengenai pentingnya tempat wisata yang ada di daerah mereka. Dengan adanya tempat wisata didaerah tersebut akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang efeknya juga berpengaruh terhadap masyakarat itu sendiri. Disektor pemerintahan harus diciptakan kordinasi tingkat tinggi. Jadi apabila ada sesuatu hal yang kurang dalam sarana maupun insfratruktur di lokasi pariwisata tanpa instruksi pun pemerintah harus segera menanganinya. Namun yang terpenting adalah investor.

Investor harus membantu membangun pariwisata dimana semua halnya harus disesuaikan dengan arahan dari rencana pemerintah, karena jika membangun hanya dengan anggaran pemerintah itu tidak memungkinkan. Oleh karena itu peran investor sangatlah penting dalam membangun kemajuan pariwisata. Selain itu faktor penunjang tempat tujuan wisata seperti jalan dan transportasi juga harus memadai dan mudah. Dengan hal tersebut pariwisata suatu daerah akan maju dan berkembang.

59 Total Views 3 Views Today