Cirebonmedia- Hashtag atau tagar merupakan sebuah kata atau frasa tanpa spasi yang diawali dengan simbol #. Tagar makin marak digunakan di media sosial seperti instagram dan twitter. Hashtag sendiri mulai digunakan di media sosial twitter pada tahun 2007. Label hashtag di Twitter diusulkan oleh Chris Messina, seorang advokat perangkat lunak sumber terbuka. Mulai 2 Juli 2009, Twitter mulai memberi tautan untuk hashtag di seluruh tweet ke hasil pencarian. Pada tahun 2010, Twitter memperkenalkan “Topik Tren atau Trending Topic” pada halaman depan Twitter yang menampilkan hashtag paling populer. Saat ini, hashtag juga digunakan di berbagai media sosial selain Twitter, di antaranya Instagram, Flickr, Google+, Facebook dan media sosial lainnya.

hashtag 500X500
Image By: google.com

Tagar dapat diartikan juga sebagai sebuah forum tanpa moderator yang mendiskusikan sebuah topik tertentu untuk menjadi “Topik Tren” jika banyak yang mendiskusikannya. Hashtag digunakan untuk sejumlah tujuan yang dituliskan oleh pengguna yang memanfaatkannya. Secara umum  hashtag digunakan untuk mengelompokkan kicauan dengan topik tertentu dari pengguna. Hashtag sering digunakan oleh suatu perusahaan untuk mempromosikan produk-produknya. Hal ini bertujuan untuk menjaring banyak orang yang berminat terhadap produk atau acara tersebut.

Dalam bisnis di media sosial, frasa yang diawali dengan simbol # yang kian populer ini memiliki sebuah tujuan sendiri. Ada 4 hal tujuan utama penggunaan hashtag, yaitu:

  1. Untuk memudahkan konsumen mencari dengan keywordberdasarkan konsep ataupun kategori yang umum, maupun spesifik (jika mereka sudah aware dengan hastag tertentu).
  2. Brand visibility dengan pengelompokan kategori dan konsep.Hal ini diperlukan untuk menambah visibility suatu kampanye oleh brand yang nantinya diharapkan akan berdampak juga ke nama brand tersebut. Ingat bahwa orang tidak hanya share konten saja, tapi mereka juga mencari yang ia butuhkan. Mereka butuh keyword tertentu.
  3. Brand bisa berpartisipasi di trend dunia yang semakin mudah dilacak. Dapat dibayangkan ada nama brand kamu di tren dunia, dimana semua orang bisa mengakses dengan mudah.
  4. SalesJangan lupa memasukkan call to action di dalam setiap post untuk memudahkan pengguna sosial media menghubungimu dengan segera.

Itulah pengertian hashtag dan beberapa tujuan penggunaan hashtag di media sosial. Namun penggunaan hashtag juga harus sesuai dengan isi kicauannya.

513 Total Views 3 Views Today