Cirebonmedia.com- Kemajuan teknologi seperti tidak ada habisnya, hal tersebut membuat bebrapa perusahan yang bergerak dalam bidang teknologi menciptakan perangkat pendukung seperti MicroSD yang berfungsi untuk menyimpan data-data penting seperti, file, foto, video dan sebagainya.

MicroSD merupakan penemuan hebat di abad ini. Benda dengan ukuran yang kecil dan tidak lebih besar dari kuku ibu jari ini bisa memuat segudang data. Informasi dari MicroSD juga bisa diakses di tablet atau smartphone. Meski saat ini sangat populer dan banyak disukai karena kepraktisannya, namun ternyata kini banyak MicroSD palsu yang beredar di pasaran. MicroSD palsu ini berbahaya untuk digunakan karena bisa menghilangkan data pengguna dan memperlambat kinerja perangkat itu sendiri.

Namun, seperti dikutip dari Phone Arena, susah untuk membedakan mana MicroSD yang asli atau palsu, sebab brand palsu juga berlabel brand MicroSD ternama seperti Samsung, Kingston, SanDisk dan lainnya.

KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERA

Image By: Google.com

Namun ada cara mengenai brand MicroSD card asli atau palsu. Jika Anda membeli MicroSD card namun performanya tidak seperti yang Anda harapkan, maka Anda sudah harus curiga jika Anda ternyata membeli MicroSD palsu. Rata-rata MicroSD palsu memiliki jumlah ruang data lebih kecil dari yang tertera. Misalnya Anda membeli microSD dengan kapasitas 64 GB namun jika dipasang hanya terdapat 8 GB saja. Selain itu jika MicroSD ini menerima banyak data diatas 8GB maka data pengguna bisa hilang.

Cara lain untuk mengenali MicroSd asli atau palsu adalah dengan kinerjanya. Biasanya MicroSD palsu lamban bekerja untuk membaca dan menulis data. Karena tidak bisa lari, maka performa MicroSD palsu ini jadi berbahaya untuk smartphone Anda karena bisa menyebabkan crash.

Selain itu, perhatikan kemasan. Rata-rata MicroSD palsu buatan China. Jika ada teks yang kurang atau tidak dicetak dengan baik dalam kemasannya, Anda harus waspada. Dan Anda jangan tertipu harga, karena harganya sama dengan MicroSD asli.

Benda yang canggih dengan kemampuan menyimpan data dalam kapasitas besar ini memang salah satu benda yang paling banyak digunakan oleh masyarakat terlebih dengan berbagai kecanggihan smartphone yang menuntut seseorang memiliki MicroSD dengan kapastias besar membuat benda yang satu ini sangat akrab bagi pengguna smartphone, namun, masyarakat harus waspada sebelum membeli, karena banyak beredar barang palsu yang justru dapat merugikan si pemakai. Jeli sebelum membeli mungkin itu kata yang pas agar tak salah memilih MicroSD

123 Total Views 1 Views Today