Cirebonmedia.com- Informasi merupakan suatu hal yang paling dicari oleh masyarakat, melalui hal tersebut masyarakat bisa mendapatkan pengetahuan melalui sebuah informasi yang telah dikemas dengan apik melalui kinerja luar biasa dari pers yang menjadi pilar dari demokrasi di negara ini.

Pers merupakan sarana bagi warga negara untuk mengeluarkan pikiran dan pendapat serta memiliki peranan penting dalam negara demokrasi. Pers yang bebas dan bertanggung jawab memegang peranan penting dalam masyarakat demokratis dan merupakan salah satu unsur bagi negara dan pemerintahan yang demokratis. Pers adalah badan yang membuat penerbitan media massa secara berkala.

Dalam UU pers no 40 tahun 1999, Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan meyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia.

Dalam perkembangan negeri ini peran sang penyampai informasi ini sangat penting, melalui mereka lah revolusi demi revolusi terjadi di negara ini, dan mereka pula yang mampu menggiring pandangan masyarakat untuk menciptakan suatu kondisi demi terciptanya masyarakat Indonesia yang cerdas dan harmonis.

pers 500X500

Image By: Google.com

Dan tepatnya hari ini, 9 Februari, ditetapkan semabagai hari Pers Nasional. Menurut catatan sejarah hal ini berawal pada 9 Februari 1946, dimana diadakan sebuah pertemuan untuk membentuk Persatuan Wartawan Indonesia yang diselenggarakan di Gedung Museum Pers Solo, Jawa Tengah. Gagasan untuk menjadikan 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional muncul pada Kongres ke-16 PWI di Padang, Sumatera Barat.

Dan pada 23 Januari 1985, Hari Pers Nasional akhirnya diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 9 Februari yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 5 Tahun 1985 yang ditandatangani oleh mantan Presiden Republik Indonesia kala itu yaitu Presiden Soeharto.

Semoga pers semakin berjaya dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat serta dapat memberikan warna bagi demokrasi di negara ini.

 

31 Total Views 1 Views Today