Cirebonmedia.com – Keraton Kasepuhan Cirebon sebagai salah satu peninggalan penyebaran agama Islam tertua di Jawa Barat merupakan aset cagar budaya yang perlu dipelihara dan dilestarikan. Selain bangunan Keraton yang khas & unik, seni, tradisi dan budaya Keraton juga masih dipelihara dan dilestarikan oleh para kerabat dan keluarga Keraton dengan menyelenggarakan upacara adat, ritual keagamaan dan pengembangan seni budaya di lingkungan Keraton Kasepuhan Cirebon. Sebagai pusat pengembangan kebudayaan Cirebon, Keraton Kasepuhan senantiasa perduli dan berupaya untuk melestarikan seni budaya Cirebon, sebagai salah satu kekayaan bangsa yang wajib dipelihara.

Keraton Kasepuhan berisi dua komplek bangunan bersejarah yaitu Dalem Agung Pakungwati yang didirikan pada tahun 1430 oleh Pangeran Cakrabuana dan komplek keraton Pakungwati (sekarang disebut keraton Kasepuhan) yang didirikan oleh Pangeran Mas Zainul Arifin pada tahun 1529 M.

Budaya Keraton Cirebon tak lepas dari sejarah Bahari Nusantara, dikarenakan Cirebon sejak jaman dahulu sudah terkenal sebagai pelabuhan perdagangan yang banyak dikunjungi oleh pedagang dari manca negara. Sejarah Kebaharian Cirebon ini kemudian melahirkan budaya akulturasi Caruban Nagari yang lahir dari percampuran berbagai budaya dan kepercayaan dari para pendahulu. Adat tradisi dan budaya bahari ini menjadi satu aset pariwisata yang layak untuk dikembangkan sebagai salah satu komoditi unggulan pariwisata Cirebon.

Image By: Keraton Kasepuhan
Image By: Keraton Kasepuhan

Dalam rangka Festival Budaya Bahari Cirebon, selain kegiatan Seminar, Bazar, Festival Kuliner, Kirab dan Pagelaran Seni Pesisir, panitia juga bermaksud mengadakan lomba dan pameran fotografi untuk mengapresiasi para penggiat dan pecinta fotografi dalam mengabadikan kegiatan budaya bahari di Cirebon dan sekitarnya. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap potensi budaya dan kebaharian di Cirebon dan sekitarnya dan dapat membangkitkan pariwisata di wilayah III Cirebon. Lomba Fotografi yang mengusung tema “Pesona Budaya dan Kebaharian Cirebon” ini dibagi menjadi 2 kategori yaitu : Kategori Pelajar (SMP, SMA/SMK) dan Kategori Mahasiswa/Umum. Untuk mendapatkan Informasi Lomba Foto Festival Pesona Budaya dan Bahari Cirebon 2016 dapat menghubungi Sekretariat Lomba dan Pameran Foto Keraton Kasepuhan Cirebon 2016 Lunjuk – Keraton Kasepuhan Cirebon. Telp (0231) 225511

563 Total Views 1 Views Today