Perkembangan Program Kreativitas Mahasiswa

Cirebonmedia.com- Pada akhir bulan maret 2016 Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kembali Membuka Kesempatan kepada para mahasiswa Untuk mengajukan Gagasan dan Karya Tulis Ilmiah Untuk didanai oleh Dikti.

PKM adalah singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti guna memberi ruang untuk para Mahasiswa menunjukkan kreativitasnya. PKM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Mengingat saat ini masih banyak Para Mahasiswa yang belum mengetahui apa itu Program Kreativitas Mahasiswa,di tahun 2015 lalu hanya ada beberapa Perguruan Tingi yang masuk dan lolos di danai oleh Dikti, PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Image By: Google.com
Image By: Google.com

Saat ini Hanya perguruan- Perguruan Tinggi Negeri yang banyak  memanfaatkan kegunaan Program tersebut   diharapkan akan banyak lagi Perguruan – Perguruan Tinggi lainnya yang ikut mengambil bagiannya.

Sejarah Singkat PKM,  pkm dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa.

Saat ini hanya dua bidang yang telah dibuka yaitu PKM Gagasan tertulis (PKM GT), dan PKM Artikel ilmiah (PKM AI) dan kemudian akan di buka kembali pada bulan juni mendatang  yaitu PKM Penelitian (PKMP), PKM Kewirausahaan (PKMK), PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM), PKM Penerapan Teknologi (PKMT).