Vanili, Si Emas Hijau Dari Indonesia

Cirebonmedia.com- Mendengar nama Vanili mungkin masih jarang terdengar, Vanili adalah penyedap rasa termahal kedua di dunia. Saking mahalnya, sebutan lain vanili adalah emas hijau. Harga mahal karena budidaya dan proses pasca panen lebih rumit dibandingkan tanaman lain. namun kini banyak petani meninggalkan vanili karena harganya jatuh.

Belakangan ini, petani kebun di Indonesia banyak yang meninggalkan budidaya vanili. Padahal, di pasar internasional, harga komoditas ini masih lumayan tinggi. Patokan harga dari perusahaan penjual tumbuhan yang dikenal dengan emas hijau dari Amerika Serikat, Amadeus Vanilla Beans. Perusahaan yang menjual tanaman ini dari berbagai negara mematok harga vanili asal Indonesia sebesar US$ 38,99 per pon. Jumlahnya setara dengan Rp 363.607 per pon atau Rp 797.735 per kilogram (kg).

Untuk vanili paling kecil dengan panjang antara 15-17 sentimeter (cm), harganya minimal US$ 50 per kg. Adapun harga vanili paling besar dengan ukuran lebih dari 20 cm mencapai US$ 100 per kg. “Salah satu penyebab kehancuran vanili Indonesia karena kualitasnya tidak seragam,

Orang-orang selalu menyukai segala makanan yang berbau vanila, entah itu es krim ataukah kue rasa vanila. Tapi orang menyukainya hanya karena rasanya yang lezat, tanpa benar-benar mengetahui bahwa rupanya vanila memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan Anda.

Emas Hijau asal Indonesia yang kaya manfaat
Emas Hijau asal Indonesia yang kaya manfaat

Manfaat kesehatan dari vanila sangat berlimpah, Dengan manfaat yang ditawarkan, Vanila diyakini mampu membuat Anda menjadi lebih pintar dan lebih tajam , vanila memiliki kapasitas untuk meningkatkan kinerja mental Anda, dan hal ini adalah salah satu manfaat kesehatan utama yang dimiliki vanila. Tumbuhan ini adalah antioksidan yang luar biasa dan telah digunakan sejak lama untuk meningkatkan pemikiran kognitif seseorang.

Manfaat lain dari vanila adalah dapat bertindak baik pada sistem saraf Anda. Disamping itu, vanila juga telah diidentifikasi sebagai obat yang sangat efektif untuk histeria. Ini merupakan salah satu manfaat terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi vanila.

Kehamilan adalah waktu atau masa yang harus Anda nikmati, namun kebanyakan calon ibu akan selalu merasakan mual dan morning sickness. Nah, hal ini dapat Anda atasi dengan mencium aroma vanila. Aromanya yang lembut dapat menyembuhkan masalah mual yang dihadapi oleh ibu hamil.

Anda dapat menyemprotkan beberapa tetes ekstrak vanila lalu menyesapnya secara perlahan-lahan. Ini merupakan salah satu obat sederhana untuk mengatasi mual.

Begitu banyak manfaat yang terkandung didalam tanaman vanili ini dan hampir semua orang menyukai rasa yang tercipta dari tanaman ini. Serta merupakan peluang usaha untuk membudidayakannya sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

Shares
Share This