Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Cirebonmedia.com – Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati di seluruh dunia setiap tahun pada tanggal 31 Mei. Gerakan ini menyerukan para perokok agar berpuasa untuk tidak merokok (mengisap tembakau) selama 24 jam yang dilakukan serentak di seluruh dunia. Hari ini bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan. Diperkirakan kebiasaan merokok setiap tahunnya menyebabkan kematian sebanyak 5,4 juta jiwa. Negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencetuskan Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini pada tahun 1987. Dalam satu dasawarsa terakhir, gerakan ini menuai reaksi baik berupa dukungan dari pemerintah, aktivis kesehatan, dan organisasi kesehatan masyarakat, atau pun tentangan dari para perokok, petani tembakau, dan industri rokok.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia bisa dimaknai dari 2 sisi yakni dari sisi pemakai, pabrik yang memproduksi tanaman ini dan tentu saja dari pemerintah.

Perokok

Pemakai tembakau memang kebanyakan kaum perokok atau orang yang begitu suka merokok. Berbagai peraturan yang sudah dirancang agar tidak merokok di tempat umum, tidak boleh merokok di dekat anak sekolah atau mengharamkan rokok bagi kaum pelajar. Tentu berbagai peraturan ini tidak akan berarti apa-apa apabila kebanyakkan masyarakat tidak menyadari bahaya di balik rokok. Perlu diketahui, ternyata asap rokok lebih bahaya dari asap kendaraan.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia-01
No Tobacco Day

Pabrik Tembakau

Bagaimana masyarakat  mau sehat, kalau rokok masih tetap diproduksi sampai saat ini. Pabrik tembakau harus menyadari , bahwa   tembakau sebenarnya memiliki sekian banyak manfaat. Sehingga memungkinkan untuk  membuat produk olahan tembakau yang lebih bermanfaat  dalam bentuk lain selain rokok yang lebih bermanfaat.

Berdasarkan fakta yang terjadi, bahwa yang harus di upayakan adalah Hari Tanpa Rokok Sedunia, bukan Hari Tanpa Tembakau Sedunia, karena bisa jadi suatu saat nanti dengan seiringnya pengetahuan dan teknologi rokok dapat tergantikan dengan produk olahan tembakau yang lebih bermanfaat dan penyumbang beacukai Negara akan tergantikan dengan produk tersebut. Bukan sesuatu yang tidak mungkin jika Hari Tanpa Tembakau Sedunia akan Berubah Menjadi Hidup Sehat dengan Tembakau dan menjadi Peringatan Hari Tanpa Rokok Sedunia.

Shares
Share This