Cirebonmedia.com – Semua orang tentu mempunyai hobi, ada yang hobi travelling, melukis, menulis, olahraga dan lain sebagainya. Namun dari sekian banyak hobi yang dapat kalian lakukan, terdapat beberapa hobi yang dapat membantu diri Anda menjadi lebih pintar. Berikut adalah beberapa hobi yang dapat membantu Anda menjadi lebih pintar:

Membaca

Membaca adalah aktivitas yang wajib dilakukan oleh setiap orang karena selain akan menambah pengetahuan, membaca membuat Anda lebih sabar dan kreatif. Selain itu, membaca juga dapat meningkatkan memori dan daya ingat. Bacalah secara rutin, usahakan dapat meluangkan waktu untuk membaca setiap hari nya. Saat kamu membaca, otak mu secara otomatis akan fokus dan berusaha untuk mencerna atau memahami apa yang kamu baca. Manfaat lainnya, membaca juga akan membuat mu kaya akan kosakata.

Menulis

Menulis bukanlah hal yang mudah karena butuh kreatifitas, kesabaran, komitmen, usaha dan ketekunan. Inilah yang sesungguhnya membuat otak mu bekerja. Menulis mengajarkan Anda untuk berpikir, mengembangkan dan menuangkannya ke dalam rangakaian kata. Pada setiap halaman artikel atau buku yang Anda tulis berisi serangkaian informasi yang sebelumnya telah kamu pikirkan untuk dituangkan ke dalam kata – kata.

Bermain Catur

Catur adalah salah satu olahraga yang membutuhkan kemampuan dari otak. Catur bukan hobi yang menarik bagi sebagian orang, tapi olahraga ini memaksa otakmu terus bekerja, dan hal tersebut yang dapat meningkatkan kinerja otakmu. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bermain catur dapat meningkatkan IQ, merangsang kreativitas, meningkatkan daya ingat dan memperkuat konsentrasi.

Olahraga

Olahraga ternyata memberikan manfaat positif bagi tubuh dan dapat membawa berpengaruh positif pada kreativitas, suasana hati dan kepercayaan diri seseorang. Selain itu, berolah raga juga dapat menghilangkan stres dan memperlancar sirkulasi darah pada otak. Olahraga terbaik adalah saat pagi hari sebelum berangkat kerja atau sekolah. Anda akan mengawali hari dengan pikiran yang lebih fresh dan dengan energi yang cukup untuk sepanjang hari.

Hobi bisa membuat otak menjadi berkembang
Hobi bisa membuat otak menjadi berkembang

Bermain Musik

Bermain alat musik tidak langsung membuat Anda menjadi pintar, tetapi membantu untuk lebih relax, dan hal tersebut memberikan efek positif dalam mempelajari hal baru. Orang – orang jenius yang terkenal di dunia juga bermain musik seperti Albert Einstein bermain piano dan biola, Charles Dickens bermain harmonika, Steven Spielberg bermain klarinet, dan lainnya.

Meditasi

Meditasi punya segudang manfaat. Meditasi tidak hanya mengajarkan Anda hal duniawi. Tetapi meditasi mengajarkan Anda untuk mengenal diri sendiri. Meditasi dapat menolong menenangkan diri, meningkatkan rasa percaya diri, mengembangkan pola pikir, menumbuhkan rasa puas dalam batin, memperkuat daya ingat dan masih banyak lagi.

184 Total Views 1 Views Today