Cirebonmedia.com- Kemajuan teknologi tak dapat terbendung lagi, manusia melakukan pengembangan sehingga mampu mnciptakan alat canggih yang menyerupai pesawat berukuran mini yang kita kenal dengan nama Drone. Belakangan ini drone mulai popular dikalangan masyarakat karena memiliki multi fungsi yang memudahkan pekerjaan manusia.

Drone menjadi teknologi berupa pesawat tanpa awak yang biasa dikemudikan oleh pengontrol jarak jauh.Robot terbang ini juga bisa bergerak secara otonomos atau tanpa kemudi melalui kontrol perangkat lunak. Berbagai fungsi dapat kita peroleh dari drone, dimulai dari eksplorasi daerah hingga mengantarkan surat atau barang.

Drone sendiri sangat membantu manusia, akan tetapi seiring waktu berjalan, alat canggih ini juga mulai digunakan untuk niat kejahatan atau bisa disebut drone ilegal. Untuk mengatasi drone illegal ini manusia mulai melatih burung elang sebagai penangkal drone illegal ini. saat ini di beberapa negara sedang menggiatkan pengawasan terhadap pemakaian drone secara ilegal yang bisa membahayakan. Salah satunya seperti yang dilakukan pihak Kepolisian Belanda, caranya dengan melatih burung elang untuk menangkap drone ilegal. Menurut pihak Kepolisian setempat, hasil pengujian memperlihatkan burung pemangsa amat efisien dalam menemukan dan menangkap drone berbahaya di atas langit.

Elang menangkap drone ilegal
Elang menangkap drone ilegal

Dari hasil pengujian yang dilakukan, pada dasarnya elang tidak memiliki masalah untuk menangkap semua drone yang hadir dengan berbagai bentuk dan ukuran dan banyak diantaranya yang terlalu besar, bahkan untuk ditangkap oleh cakar burung besar ini. Apa yang dilakukan dengan pengujian dan pelatihan burung elang ini dikarenakan burung amat efisien dalam menangkap drone di udara dan membawanya turun. Jika pengujian terus berlanjut sesuai rencana, maka Kepolisian Belanda akan memutuskan di tahun ini menugaskan burung elang sebagai pasukan penangkap drone ilegal.

Dengan adanya bantuan dari satwa yang menjadi raja udara ini, semoga teknologi canggih yang dapat terbang yaitu drone illegal dapat teratasi dan tidak lagi menimbulkan kekacauan atau pun ancaman.

Sumber: CNN, Trubun, Kumauinfo

89 Total Views 1 Views Today