Cirebonmedia.com- Pada masa lampau sebelum manusia mampu menciptakan senjata api, pedang merupakan senjata yang paling banyak digunakan untuk peperangan. Sejata yang memiliki ketajaman disalah satu sisinya ini menjadi symbol kekuatan bagi suatu pasukan yang akan berperang untuk mempertahankan dareah kekuasaan dari ancaman bangsa penjajah.

Pedang adalah sejenis senjata tajam yang memiliki bilah panjang. Pedang dapat memiliki dua sisi tajam atau hanya satu sisi tajam saja. Di beberapa kebudayaan, jika dibandingkan senjata lainnya, pedang biasanya memiliki prestise lebih atau paling tinggi. Pedang biasanya dibuat dari logam keras seperti besi atau baja. Meskipun terdapat pedang dari emas, itu hanya digunakan sebagai hiasan saja.  Pedang pertama kali muncul pada Zaman Perunggu. terbuat dari tembaga dan ditemukan di situs Harappa di Pakistan . Pedang Abad Pertengahan dibuat dari besi dan baja, pada waktu itu pedang mulai diproduksi masal dan digunakan dalam pertempuran. Tentara dilatih dalam ilmu pedang dan siap untuk pertempuran. Itu sebelum era senjata dan artileri bertenaga tinggi dan berhadapan langsung dalam pertempuran. Selama waktu itu dalam sejarah, semua jenderal kerajaan, raja-raja, dan kaisar memiliki pedang pribadi yang dibuat dan diproduksi oleh pembuat pedang terbesar waktu itu.

Dalam catatan sejarah ada beberapa pedang yang paling terkenal di dunia, Apa saja pedang yang paling terkenal di dunia? Berikut ulasannya:

Zulfikar

Zulfikar adalah pedang kuno yang dimiliki oleh syaidina Ali . Ali adalah sahabat sekaligus menantu Nabi Muhammad SAW. Ia memerintah kekhalifahan Islam 656-661 M. Dengan beberapa catatan sejarah, Nabi Muhammad SAW memberikan pedang Zulfikar pada syaidina Ali di Pertempuran Uhud. Pedang adalah salah satu simbol Islam dan dikagumi oleh jutaan orang. Zulfikar adalah senjata yang mengacu pada pedang Asia Barat atau Asia Selatan dengan pisau melengkung. Dikatakan bahwa senjata Syaidina Ali ini digunakan pada Perang Parit, yang merupakan upaya pengepungan yang terkenal di kota Madinah. Selama pertempuran, Nabi Muhammad SAW, Syaidina Ali, dan pembela Islam membangun parit untuk melindungi Madinah terhadap kavaleri konfederasi yang jauh lebih besar.

Damascus

Damascus adalah pedang yang digunakan oleh pasukan muslim dalam perang salib. Pasukan Eropa dikejutkan oleh pedang yang dimiliki oleh pasukan kaum Muslimin dalam perang salib, karena dapat dengan mudah menembus baju zirah pasukan crusader, bahkan mampu membelah tameng. Penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan dari University of Dresden, mengungkap sebuah rahasia yang luar biasa yaitu keberadaan carbon nanotubes. Ternyata tanpa disadari, pembuat pedang ini menggunakan teknologi nano ketika menempa pedang. Sayangnya, teknik pembuatan pedang ini menghilang di abad ke-18.

Joyeuse

Joyeuse adalah pedang milik Charlemagne. Saat ini, ada dua pedang dikaitkan dengan Joyeuse. yaitu pedang yang disimpan di Schatzkammer Weltliche di Wina, dan satu lagi ditempatkan di Louvre di Perancis. Sangat sulit mengidentifikasi padang Joyeuse, karena terbuat dari bagian-bagian dari abad yang berbeda. Gagang pedang menunjukkan tanggal pabrik sekitar waktu Charlemagne. Charlemagne yang lahir sekitar tahun 742 adalah salah seorang penguasa besar dalam sejarah yang pernah menjadi raja kaum frank pada tahun 768.

Salah satu pedang yang paling terkenal di dunia.
Salah satu pedang yang paling terkenal di dunia.

Honjo Masamune

Dari semua pedang Masamune Yang paling terkenal adalah Honjo Masamune, karena pedang ini mewakili Keshogunan selama periode Edo Jepang. Pedang ini diturunkan dari satu Shogun ke Shogun selama beberapa generasi. Pada tahun 1939 senjata itu menjadi harta karun nasional di Jepang, tetapi tetap milik keluarga Tokugawa. Pemilik terakhir yang diketahui dari Honjo Masamune adalah Tokugawa Iemasa. Namun, Tokugawa Iemasa memberikan senjata dan 14 pedang lainnya ke kantor polisi di Mejiro, Jepang, pada bulan Desember 1945.

Mercy

Ciri khas fisik pedang ini adalah ujungnya yang patah. sejarah mitologis menunjukkan bahwa ujungnya dipatahkan oleh seorang malaikat untuk mencegah pembunuhan yang salah. Pedang Mercy adalah senjata yang terkenal yang dulu milik Edward Confessor.

Sumber: Berbagai sumber

22 Total Views 1 Views Today