Cirebonmedia.com- Daratan di bumi terdiri dari daratan-daratan yang memiliki batas wilayah nya sendiri yang kemudian kita kenal dengan sebutan Negara. Ada banyak Negara yang ada di dunia ini, dan dari berapa Negara yang ada di dunia memiliki festival khas yang tergolong unik, sebagian Negara memiliki festival unik yang dapat menarik wisatawan untuk datang ke Negara tersebut.

Festival biasanya berarti “pesta besar” atau sebuah acara meriah yang diadakan dalam rangka memperingati sesuatu. Atau juga bisa diartikan dengan hari atau pekan gembira dalam rangka peringatan peristiwa penting atau bersejarah, atau pesta rakyat. Festival unik yang dimiliki oleh beberapa Negara sangat mengagumkan dan sangat saying untuk dilewatkan.

Lalu apa saja festival unik yang ada di dunia? Berikut aalah daftar festival unik di dunia:

Festival Holi di India

festival-holi-di-india Festival Holi adalah festival awal musim semi yang di meriahkan dengan suka cita oleh masyarakat India. Festival holi ini disebut juga Dolyarta (Doul Jatra)/Basanta-Utsab yaitu festival musim semi. Biasanya pesta holi di adakan pada Bulan Maret, dan di persiapkan diakhir bulan Februari. Holi juga disebut-sebut sebagai festival besar yang menandakan kemenangan mereka baik atau pun buruk. Perayaan holi dimeriahkan di empat penjuru India, berdasarkan tradisinya. Holi ini dapat dirayakan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Mereka merayakan holi dengan sangat gembira, penuh kecerian, kenyamana serta ketenangan. Akan tetapi, yang paling menarik dalam perayaan ini adalah apa yang terjadi sehari setelahnya dimana orang-orang dari segala kalangan datang untuk menari dan bernyanyi bersama-sama.

ESPAÑA FIESTAS Festival La Tomatino di Spanyol

Spanyol memiliki sejumlah cara unik untuk merayakan kebersamaan. Selain keramaian dalam tradisi lari kerbau di Pamplona, warga Spanyol di Bunol memiliki cara merayakan keramaian dengan saling melemparkan buah tomat. Tomat akan berterbangan pada festival La Tomatina, kegiatan seru yang telah digelar di kota-kota Valencia sejak 1945.  Lautan manusia memenuhi Plaza Mayor di daerah Bunol, bagian timur Spanyol. Beberapa orang bertelanjang dada dan bahkan mengenakan kacamata renang untung menghindari mata perih akibat terkena sari tomat.

festival-yi-peng-lantern-thailand Festiva Yi Peng Lantern l, di Thailand

Festival Yi Peng adalah suatu tradisi mengapungkan Khom Loy atau lentera ke langit di malam hari, Melihat banyaknya lentera yang diluncurkan bersamaan ke udara menjadi ribuan titik cahaya merupakan pemandangan yang sangat spektakuler. Salah satu festival terindah di dunia. Tradisi meluncurkan lentera ini selain sebagai penghormatan kepada dewa juga diharapkan untuk membuang nasib buruk dan kemalangan pergi ke udara, apalagi  terutama jika lentera dapat menghilang dari pandangan sebelum api di dalamnya padam.

festival-balon-di-amerika Festival Albuquerque International Balloon Fiesta, di Amerika Serikat

Albuquerque International Balloon Fiesta adalah Festival tahunan balon udara yang diselenggarakan di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat. Balloon Fiesta biasanya berlangsung di bulan Oktober setiap tahun selama sembilan hari. Balloon Fiesta Albuquerque merupakan Festival Balon Udara Terbesar di dunia dan merupakan salah satu acara yang paling banyak difoto di dunia, diikuti oleh ratusan peserta balon udara. Pengunjung yang menghadiri bisa mencapai hingga ratusan ribu. festival balon pertama kali di adakan di Albuquerque adalah pada tahun 1972, saat itu hanya 13 balon udara yang di naikkan oleh para peserta. Tapi sejak itu, setiap tahun peserta festival terus bertambah.

25 Total Views 1 Views Today