Cirebonmedia.com – Ada banyak sekali hal yang harus diketahui jika sudah terjun di dunia fotografi digital, terlebih jika kita benar – benar ingin mendalaminya. Karena dalam dunia fotografi tidak hanya membutuhkan sebuah kreativitas, melainkan membutuhkan sebuah ilmu pengaturan kamera agar mendapatkan sebuah foto yang benar – benar sesuai dengan keinginan kita. Salah satu yang perlu diketahui dalam dunia fotografi adalah EXIF Metadata atau data EXIF. Data EXIF (Exchangeable Image Format)  adalah sebuah data yang merekam banyak informasi penting dan detail dari sebuah file foto yang dihasilkan oleh sebuah kamera baik kamera DSLR, Digital maupun kamera smartphone.

Data EXIF akan sangat berguna dalam pada beberapa tujuan, tetapi tujuan yang utama adalah untuk memudahkan fotografer membandingkan hasil foto dan mencari tahu apa yang benar dan salah pada hasil foto tersebut. Bagi fotografer pemula, data EXIF bisa menjadi alat pembelajaran yang sangat berguna. Bila kita menyukai beberapa foto yang kita buat, maka data EXIF bisa membantu kita mengingat pengaturannya untuk digunakan lagi pada foto berikutnya. Demikian juga sebaliknya, bila ada foto yang hasilnya buruk kita bisa melihat ke “balik layar” untuk memahami bagian mana dari setting kamera yang meleset sehingga terjadi over exposure dan sebagainya. Menggunakan EXIF data akan sangat berguna jika kamu dalam posisi baru mulai memasuki dunia fotografi digital dan ingin terus meningkatkan teknik fotografi kalian.

mengenal Data EXIF
mengenal Data EXIF

Ada banyak informasi yang bisa didapatkan dengan melihat data EXIF seperti tanggal dan jam, merk dan tipe kamera, jenis lensa, panjang focal-length, shutter speed, aperture, ISO speed rating, flash digunakan atau tidak, posisi dimana foto diambil jika kamera dilengkapi dengan GPS. Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui data EXIF dari sebuah file foto? Umumnya jika menggunakan komputer dengan os windows, data EXIF bisa diakses langsung dengan klik kanan pada foto, kemudian klik properties dan pilih details.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda menghasilkan karya-karya fotografi yang mengesankan karena wawasan Anda tentang fotografi bertambah dengan memahami dan membaca artikel di atas.