Cirebonmedia.com – Para pengguna kereta api di Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon akan dimanjakan dengan rangkaian kereta api keluaran terbaru. PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengganti rangkaian kereta lama yang berumur diatas 20 tahun dengan kereta baru. Adapun kereta yang akan diperbarui adalah kereta Cirebon Ekspres dan kereta Tegal Bahari jurusan Cirebon – Gambir.

Pembaruan kereta
Pembaruan kereta

Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro mengatakan, kedua rangkaian kereta api tersebut khususnya kelas Bisnis (K2) akan diganti dengan rangkaian baru kereta kelas Ekonomi New Image atau K3 New. “Sejak tahun 2015, secara bertahap PT KAI mulai mengganti rangkaian kereta lama dengan yang baru,” ujar Krisbiyantoro. Rencananya rangkaian kereta baru pengganti K2 ini akan dioperasikan mulai tanggal 18 Oktober 2016. Dengan pembaruan rangkaian kereta ini dipastikan akan membuat perubahan kelas dan tarif, namun secara fasilitas tidak jauh berbeda bahkan lebih baik. “Ada selisih tarif dari bisnis ke kelas ekonomi new image. Penumpang akan mendapatkan pengembalian biaya tiket sebesar 50 persen tanpa membeli tiket baru. Jika penumpang menolak menggunakan K3 saat keberangkatan akan dikembalikan 100 persen,” imbuhnya.

Ia melanjutkan, penggantian rangkaian kereta lama dengan yang baru di wilayah Daop 3 Cirebon akan selesai pada akhir tahun 2016. “Penggantian kereta lama dimulai tanggal 18 Oktober 2016 dan akan selesai di akhir tahun,” ujarnya. Ia menambahkan, kereta jenis K3 full AC ini dirancang lebih baik dengan kapasitas 80 tempat duduk dan konfigurasi masing – masing dua seat kanan dan kiri. Dan satu rangkaian kereta K3 ramah terhadap penyandang difabel. “AC nya bukan AC split, fasilitas TV di tengah dan di ujung, dan dilengkapi penutup jendela “rolling blind”. Kereta ini juga ramah bagi penyandang difabel,” jelas Kribiyantoro.

125 Total Views 2 Views Today