Cirebonmedia.com – Sebagai moda transportasi masal, kereta api selalu menjadi pilihan utama masyarakat untuk melakukan perjalanan. Dalam upaya peningkatan pelayanan transportasi khususnya jasa angkutan kereta api, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon membuka trayek baru yaitu Cirebon – Jember dengan waktu tempuh dan tarif yang kompetitif. Dibukanya trayek baru ini dikarenakan melihat dari berkembangnya perekonomian di Kota Cirebon yang membutuhkan kemudahan transportasi serta membuka peluang bagi para pengusaha untuk memperluas jaringan usahanya, antara lain kota Purwokerto, Yogya, Solo, Madiun, Surabaya, Probolinggo hingga Jember dan kota-kota transit lainnya pada perjalanan kereta api baru ini.

IMG-20161028-WA0017 Untuk lebih mengangkat citra dan mengenalkan Cirebon sebagai salah satu Kota tujuan wisata dan bisnis, serta mengenalkan Cirebon yang merupakan center-nya pulau Jawa (Grage) akhirnya dipilihlah nama Ranggajati, nama salah satu tokoh Islam yang berpengaruh di dalam sejarah Cirebon. “KA Ranggajati Ekspres” dipilih sebagai nama KA baru relasi Cirebon – Jember PP.  “KA Ranggajati Ekspres” akan diluncurkan perdana pada Selasa, tanggal 1 November 2016 pada pukul 06.05 WIB dari Stasiun Cirebon. KA Ranggajati Ekspres ini akan menempuh perjalanan kurang lebih 16 jam dengan membuka 2 kelas pelayanan yaitu kelas eksekutif (4 kereta) dan kelas bisnis (4 kereta). Pada tahap awal dalam pengoperasian KA ini, PT KAI akan memberikan tarif promo untuk menarik minat calon penumpang. Tarif promo diberlakukan selama satu bulan pada awal peluncurannya, mulai tanggal 1 s.d 30 November 2016.

Adapun jadwal perjalanan KA Ranggajati adalah sebagai berikut: Berangkat dari Cirebon pukul 06.05 WIB – Tiba di Jember pukul 22.15 WIB dan Berangkat dari Jember pukul 05.00 WIB – Tiba di Cirebon pukul 20.35 WIB. Dalam perjalanan dari Cirebon menuju Jember maupun sebaliknya, KA Ranggajati Ekspres akan melalui lintas Selatan dan berhenti di beberapa stasiun seperti stasiun Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo, Madiun, Kertosono, Jombang, Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Tanggul dan Jember.

555 Total Views 10 Views Today