Cirebonmedia.com – Guna mencegah penyalahgunaan narkoba serta obat terlarang lainnya di seluruh instansi, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon memerikasa sekitar 100 orang pegawai PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon pada Senin (7/11). Setelah melakukan apel pagi, seluruh pegawai mulai dari masinis, polsuska (polisi khusus kereta api), pegawai kantor, operasional, perawatan dan lainnya melakukan tes urine tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Menurut Vice President (VP) PT KAI Daop 3 Cirebon Mohammad Elly mengatakan, tes urine ini merupakan bentuk kerjasama antara PT KAI dengan BNN guna memerangi narkoba mengingat penyalahgunaan narkoba banyak terjadi di Indonesia. “Ini merupakan kerjasama yang dilakukan Dirut PT KAI dengan BNN Pusat. Penyalahgunaan narkoba bisa terjadi dimana saja, oleh karena itu kita mengadakan tes urine ini demi menjaga pegawai PT KAI bebas dari narkoba” ungkapnya. Menurutnya jika ada yang terbukti menggunakan narkoba, PT KAI akan menyerahkannya kepada pihak yang berwajib untuk proses hokum ataupun rehabilitasi” imbuhnya.

IMG_1373 Sementara, Manajer Kesehatan Daop 3 Cirebon Surono mengatakan, untuk menjaga kesehatan seluruh pegawai di Daop 3 Cirebon seluruh pegawai menjalani tes kesehatan baik fisik maupun psikologi. “Kita ada medical chek up setiap enam bulan sekali. Berat dan tinggi badan dipantau, kami juga punya klinik yang dapat memeriksa kesehatan setiap pegawai terutama awak kereta dan masinis. Jika masinis dinyatakan kesehatannya tidak layak maka dia tidak akan ditugaskan” ujarnya. Pemeriksaan kesehatan itu dilakukan untuk menjaga kondisi pegawai dalam kondisi prima serta sebagai salah satu upaya memerangi penyalahgunaan narkoba.

163 Total Views 2 Views Today