Cirebonmedia.com– Dunia bisnis dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang sangat signifikan, inovasi-inovas baru sering bermunculan demi meraup keuntungan. Di Indonesia, komunitas-komunitas yang bergerak dalam bidang bisnis yaitu UKM mulai banyak bermunculan dan menjadi roda perekonomian baru di Nusantara.

Dalam praktiknya, sebagian besar UKM masih mengandalkan cara lama, yaitu mencari tempat yang dijadikan etalase bisnisnya atau “door to door” untuk menjajakan barang produksinya agar laku dan lebih dikenal masyarakat luas. Sebenarnya, untuk mengembangkan usaha, para pelaku usaha bisa mengandalkan teknologi yang sudah berkembang yaitu Internet.

Belakangan ini internet telah menarik perhatian beberapa pelaku usaha untuk menjual barang produksinya agar lebih dikenal banyak orang, dan kegiatan menjual barang di internet ini lebih akrab dengan sebutan Online Shop. Pengembangan ini bukan tanpa alasan, sebagian UKM telah sadar dengan cara ini pangsa pasar menjadi lebih luas karena internet memiliki jangkauan tak terbatas, dan hal inilah yang membuat beberapa dari mereka untuk memanfaatkan perkembangan teknologi ini.

Namun, ada sebagian orang yang belum melakukan cara ini, bisa dibilang sebagian orang belum melek internet untuk ekspansi bisnisnya. Hal tersebut ditengarai oleh beberapa hal yaitu domisili pelaku UKM dan kurangnya pengetahuan tentang manfaat internet yang mampu membantu roda bisnisnya.

UKM 500X500Pelaku usaha kecil menengah perlu mendapat pengetahuan agar melek internet. Setidaknya, ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk membantu para pelaku usaha tersebut. Pertama, penyiapan infrastruktur. Selain pemerintah, pihak swasta pun bisa menyiapkan hal ini. Kedua adalah pemberian bimbingan dan bantuan. Ketiga, pelaku UKM makin giat membuka diri dan belajar.

Di Indonesia sebenarnya sudah ada beberapa fasilitas media online yang mestinya bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Seperti contoh, media online yang sedang naik daun dan dijadikan masyarakat untuk mengembangkan usahanya yaitu bukalapak.com. Ketersediaan wadah seperti ini harusnya dimanfaatkan betul oleh pelaku usaha agar bisnisnya bisa menjadi lebih maju dan berkembang, karena jangkauan internet mencangkup seluruh dunia dan jasa pengiriman barang yang berkembang bisa menjadi pelengkap yang baik untuk melancarkan usaha bagi para pelaku UKM.

 

 

Image By: Google.com

82 Total Views 1 Views Today