Cirebon Media – Bisnis? Bisnis apa? Tentunya banyak sekali cara seseorang untuk melakukan bisnis, salah satunya dengan bisnis online. Semakin berkembangnya kemajuan teknologi membuat orang dengan mudah melakukan bisnis lewat internet atau sering disebut bisnis online. Dalam berbisnis online pastinya sangat mudah, apalagi bisnis online ini bisa dilakukan di mana pun kita berada dan kapan pun bisa dilakukan. Dalam dunia usaha memang tidak segampang yang kita inginkan.

Dalam berbisnis pastinya semua perlu proses. Berbisnis juga selalu ada kegagalan tetapi setidaknya kita pernah mencoba meskipun gagal daripada tidak pernah sama sekali. Terlebih lagi, justru kegagalan itulah akan menjadi modal sangat berharga bagi kita untuk bangkit lagi. Bukankah kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda? Artinya kita dapat belajar dari kegagalan tersebut untuk kemudian memulai berbisnis kembali.

Di Indonesia, bisnis online sudah berkembang begitu pesat. Bahkan sudah terkenal di penjuru dunia, bisnis ini pun tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, bahkan anak kecil pun sudah bisa melakukannya. Hebat kan?

Dalam bisnis kita dapat melihat peluang yang baik pada dunia bisnis online. Karena banyak keunggulan atau keuntungan di dalam bisnis secara online. Hanya saja dalam berbisnis butuh ketelitian dan kejujuran. Bisnis online itu bermacam-macam mulai dari fashion, jasa pembuatan website, jasa desain webdite dll. Sekarang teknologi sudah canggih, untuk menjalankan bisnis online ini bisa dengan menggunakan media sosial seperti website, blog,  instagram, facebook, line dll.

Jenis-jenis bisnis online :

  1. Bisnis Online Kreasi Produk

Merupakan berbagai jenis bisnis online yang dalam praktiknya memasarkan produk yang berasal dari hasil ciptaan (produksi) kita sendiri. Dengan begitu keuntungan yang diperoleh seluruhnya akan masuk ke kantong kita.

  1. Bisnis Online Afiliasi Produk
    Afiliasi disini mengandung maksud bahwa kita sebagai pelaku yang memasarkan produk orang lain lewat fasilitas online di internet. Baik barang maupun jasa, produk-produk tersebut bukan ciptaan kita sendiri. Kita akan mendapatkan income sekian persen dari item yang berhasil kita jual, dimana besarnya pendapatan akan sesuai perjanjian dengan pemilik produk.

 

Penulis : Euis Komalasari

Pelajar : SMKN 1 Lemahabang

 

Sumber :

http://iteknologi-informasi.blogspot.co.id/2013/07/artikel-terbaru-bisnis-online-internet.html

http://sharfinna.blogspot.co.id/2011/11/artikel-perkembangan-bisnis-online.html