5 Kuliner khas Cirebon yang menggugah selera

Cirebon memiliki beragam makanan khas. Sebut saja nasi jamblang dan empal gentong yang sudah terkenal di Indonesia. Tidak hanya rasanya yang enak dan harganya pun sepadan dengan rasanya.

Berikut ini daftar kuliner khas Cirebon yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke kota Cirebon.

1.Nasi Jamblang

       Nasi Jamblang punya ciri khas dengan bungkus daun jati. Berbeda dengan nasi liwet asal Sunda yang dibungkus dengan daun pisang.

Nasi Jamblang berasal dari Desa Jampang, kabupaten Cirebon. Karena unik dan murah, nasi jamblang mulai dipopulerkan diwilayah lain di kota Cirebon.

Penikmat kuliner biasanya di suguhkan dengan beberapa pilihan lauk seperti ikan asin, sate kentang, perkedel, tahu sayur, tempe, aneka pepes, ayam goreng dan lauk yang paling khas seperti tumis cumi hitam dan paru goreng yang renyah dan gurih.

Makanan khas Cirebon ini dijajak dengan harga lauk yang terjangkau mulai dari Rp. 2.000 sampai dengan Rp. 20.000.

2.Empal Gentong

Kuliner khas Cirebon yang satu ini memang sudah menjadi ikon makanan enak dari Cirebon. Empal gentong dijajak dengan menggunakan kuali dari tanah liat. Aromanya sangat berbeda karena dipanaskan menggunakan kayu bakar.

Kuah kuning empal gentong sangat nikmat jika disantap dalam keadaan panas. rasanya gurih dan menyegarkan di mulut.

Beberapa jeroan yang bias dipilih sebagai sajian istimewa empal gentong seperti babat, usus, limpa, paru dan tentunya daging sapi.

Harga empal gentong pun bersahabat mulai dari Rp. 17.000 hingga Rp. 22.000 tergantung tempatnya.

3.Docang

       Docang merupakan makanan khas Cirebon yang juga cukup populer.

Docang biasanya berupa lontong, toge, parutan kelapa ditambah dengan daun singkong dan taburan kerupuk. Salah satu ciri khas docang adalah siraman kuah panas, sambal docang dan tempe bungkil atau oncomnya.

Docang bias disantap sebagai menu sarapan ataupun menu makan siang. Harganya sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 per porsinya.

4.Pedesan Entog

Kuliner yang satu ini merupakan salah satu kuliner khas indramayu. Karena bertetangga tak heran jika cukup mudah untuk mendapatkan makanan pedesan entog di Cirebon.

Pedesan entog adalah makanan dengan bahan dasar daging entong atau menthok yang disiram dengan kuash ekstra pedas. Rasa pedasnya bukan hanya terlihat dari warna cabai merahnya tapi juga dari campuran bumbu merica dan rempah lainnya. Harga satu porsinya cukup murah Rp. 15.000.

5.Empal Asam

       Berbeda dengan empal gentong yang rasanya gurih dan segar. Empal asam punya rasa yang cocok dengan namanya. Rasa kuahnya asam tapi menyegarkan mulut. Meskipun disebut empal asam tapi masih ada rasa gurih yang tersisa di lidah.

Salah satu bahan utama yang digunakan untuk rasa asamnya menggunakan belimbing wuluh. Isiannya bisa dipilih sesuai selera. Bias isian daging atau ditambah dengan jeroan seperti babat, makanan khas Cirebon ini satu porsinya sekitar Rp. 23.000.

 

Dikutip dari : blog.reservasi.com

Shares
Share This